Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, lihat si Kecil pilih-pilih makanan itu rasanya agak mengkhawatirkan, ya. Terutama sama yang namanya sayuran. Sebagai Ibu, tentunya kita berharap ia akan suka makan sayur-sayuran terutama karena manfaatnya yang bagus buat tumbuh kembang si Kecil. Karena variasi menu makanan ternyata nggak mempan juga buat “menghasut” dia, akhirnya saya mencoba mengakalinya dengan cara bermain. 

Setelah tanya sama teman-teman dan saudara tentang cara yang ampuh supaya si Kecil mau mengenal kedua makanan sehat ini, akhirnya saya mengajaknya bermain cap dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk memulai permainan ini, Ibu perlu menyiapkan hal-hal berikut:

Alat-alat:

  1. Beberapa jenis buah dan sayur seperti belimbing, bawang bombay, dan ketimun. Ibu juga bisa menggantinya dengan buah/sayur lain yang ada di rumah. 
  2. Siapkan cat poster atau pewarna makanan (jika ada). Ibu juga bisa menggunakan cat air, kok.
  3. Kertas gambar. Ukuran bisa disesuaikan ya, Bu.
  4. Mangkuk untuk menaruh cat. Kalau bisa gunakan yang permukaannya cukup lebar supaya seluruh permukaan sayur maupun buah bisa terlapisi dengan cat.
  5. Kertas koran/kain bekas.

Cara bermain:

  1. Pertama-tama, potong buah/sayur yang sudah disiapkan dengan cara dipotong menjadi dua. Jika Ibu menggunakan sayur berdaun, ambillah 1 – 2 helai daunnya.
  2. Siapkan mangkuk beserta cat/pewarna. Jangan lupa untuk mengalasi bagian bawah mangkuk dengan kertas koran/kain bekas supaya tetesan cat tidak langsung mengenai lantai, ya.
  3. Jika cat beserta potongan buah sudah siap, Ibu sudah bisa memulai permainan dengan minta si Kecil mencelup salah satu permukaan buah/sayur ke dalam cat. 
  4. Setelah itu, tempel permukaan buah/sayur yang sudah dilumuri cat ke atas kertas gambar. Nah, waktu bermain cap biarkan dia membuat sebuah pola ya, Bu. Sambil bermain, Ibu bisa cerita sama si Kecil nama dan kebaikan buah/sayur.

Begitu selesai, ternyata cap buatan si Kecil bagus lho! Ketika ia berhasil belajar hal baru, jangan lupa berikan ia sebuah pujian dengan bentuk pelukan atau ciuman ya, Bu. Selain berkarya lewat tekstur buah dan sayur yang ia gunakan, ia juga jadi bisa membedakan berbagai jenis buah dan sayuran. Waktu bermain, katakan bahwa Ibu bangga dengan kemampuan barunya, hal ini dapat membantu  membangun kreativitas dan rasa percaya diri si Kecil. Jadi, bermain cap seperti ini juga bisa jadi momen kreatif dan juga edukatif buat si Kecil yang sekarang sudah menginjak usia empat tahun.  

Selesai bermain, si Kecil sempat bilang kalau dia lapar. Akhirnya saya minta dia untuk cuci tangan sampai bersih dari sisa-sisa cat supaya nantinya ia nggak sakit perut. Nah, selain kebersihan tangan, asupan gizi yang seimbang juga baik untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan si Kecil asupan nutrisi yang mengandung Inulin, Bu. Kandungan Inulin ini bisa mengoptimalkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di perutnya.  Nah, bakteri baik ini bisa membantu penyerapan nutrisi pada si Kecil untuk menjaga proses pencernaannya. Coba deh, Bu tambahkan buah pisang ataupun gandum pada menu makanannya. Kedua makanan ini baik untuk melengkapi kebutuhan Inulin pada si Kecil. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan susu pertumbuhan Frisian Flag Karya yang mengandung Isomaltulosa, Inulin, dan juga Kolin sebanyak tiga kali sehari sebagai pelengkap asupan nutrisinya. 

Gimana, Bu? Sudah siap bermain cap sama si Kecil?