Share Like
Simpan

Wah, senang sekali ketika Si Kecil mulai belajar bicara ya, Bu? Di samping merasa bahagia, Ibu pasti juga sudah tak sabar mendengar kata pertama terucap darinya, kan? Sebenarnya, sedari lahir si Kecil sudah melakukan proses komunikasi dengan Ibu melalui tangisan lho, Bu. Seiring bertambahnya usia, ia akan belajar bicara untuk melakukan komunikasi dengan Ibu dan orang-orang di sekitarnya. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa ini bukanlah hal yang mudah sehingga Ibu perlu bersabar untuk mendengar ucapan pertama dari si Kecil tersayang.

Agar Ibu bisa memperkirakan kapan si Kecil mulai berbicara, yuk simak tahapan berikut ini:

1. Awal Kelahiran Hingga Usia 3 Bulan

Sejak lahir, si Kecil telah dapat mendengar suara-suara yang berada di dekatnya. Secara perlahan, ia akan belajar untuk mengenali suara dari orang-orang terdekatnya dan memberikan respons terhadap hal tersebut. Selanjutnya pada usia 3 bulan ia akan menunjukkan keinginan untuk belajar bicara dengan cara mengoceh (babbling).

Saat si Kecil mengoceh, berikanlah respons.

2. Memasuki Usia 6-12 Bulan

Menginjak usia 6 bulan, si Kecil akan mengalami beberapa kemajuan untuk belajar bicara. Ia mulai bisa mengulang beberapa suku kata mudah, seperti “ma”, “pa” dan mencoba untuk mengucapkannya berulang-ulang

Selain mulai bisa mengucapkan beberapa suku kata sederhana, ia juga akan memberikan respons melalui gerak tubuhnya, seperti melambaikan tangan atau menolehkan kepala jika mendengar namanya dipanggil.

Untuk membantu si Kecil melewati masa belajar bicara dengan lebih mudah pada usia 3 hingga 12 bulan tersebut, Ibu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut:

1. Sering Mengajak Berkomunikasi

Meski proses belajar bicara si Kecil berjalan lambat dan ia belum bisa mengungkapkan keinginannya dengan jelas, namun ia dapat menjadi pendengar yang baik. Maka dari itu, ajaklah si Kecil berkomunikasi sesering mungkin ketika memandikannya, menggendongnya, menyuapinya, atau pada saat sebelum tidur. Hal ini akan membantunya mengenal lebih banyak hal di sekelilingnya dan juga memperkaya kosa kata yang bisa dipelajarinya.

2. Ajari Ia Menyebut Namanya Sesering Mungkin

Salah satu cara agar si Kecil lebih mudah belajar bicara adalah dengan mengajarinya menyebut namanya sendiri. Saat sedang bermain bersama.

Nah, demikianlah tahapan belajar bicara si Kecil yang akan ia lalui hingga usia 12 bulan. Jangan bosan melakukan hal-hal tersebut, untuk mempercepat proses belajar bicara si Kecil tersayang. Selamat menantikan kata pertama darinya, Bu!