Share Like
Simpan

Hai Bu, selamat atas kelahiran si Kecil tersayang! Meski tengah diliputi perasaan suka cita karena kehadiran si Kecil, Ibu juga tetap harus memerhatikan perawatan bayi terutama untuk kulitnya. Kulit si Kecil yang baru lahir akan melakukan adaptasi dengan sejumlah perubahan lingkungan barunya yang sangat berbeda dengan keadaan di dalam rahim. Untuk itu, si Kecil membutuhkan perawatan bayi yang tepat untuk mempertahankan kekuatan kulitnya.

Stuktur kulit bayi yang baru lahir, 5 kali lebih tipis dibanding orang dewasa. Hal inilah yang membuat kulit si Kecil rentan terhadap gangguan dan juga iritasi. Untuk mengindari hal itu, maka Ibu perlu melakukan perawatan bayi yang baik untuk kulitnya. Apa saja bentuk perawatan bayi yang bisa menjaga kondisi kulit si Kecil yang baru lahir? Temukan jawabannya di sini:

  1. Memandikan Bayi

    Mandi bisa membersihkan tubuh dan menjaga si Kecil dari kuman serta kotoran yang dapat mengganggu aktivitas kulit. Untuk memandikan si Kecil yang baru lahir gunakanlah air hangat dan sabun khusus yang tidak berbahaya untuk kulitnya. Setelah memandikannya, jangan untuk mengoleskan losion atau pelembap khusus bayi. Pemberian losion ini dapat membantu menjaga kelembapan dan kelembutan kulit si Kecil serta mencegah timbulnya kulit bersisik.

  2. Sering Mengganti Popok

    Mengganti popok secara teratur juga merupakan salah satu perawatan bayi yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit si Kecil dan menghindarkannya dari ruam popok. Saat mengganti popok, gunakanlah air matang (yang hangat lebih baik) untuk menyeka dan membersihkan pantatnya. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan tisu dan jika diperlukan bisa mengoleskan losion agar kulitnya tidak kering atau mengalami iritasi.

  3. Lindungi dari Sinar Matahari Berlebih

    Paparan sinar matahari berlebih dapat mendatangkan efek buruk bagi kulit si Kecil yang masih sensitif. Untuk itu, hindarkan ia dari sinar matahari secara langsung terutama pada siang hari. Jika Anda terpaksa mengajak si Kecil bepergian di siang hari, lindungi kulitnya dengan topi atau memakai payung.

Itulah beberapa hal penting mengenai perawatan kulit bayi setelah lahir. Selain perawatan bayi yang tepat, Ibu juga perlu menjaga kebersihan lingkungan agar si Kecil terbebas dari segala debu, kuman, dan kotoran yang bisa membahayakan kesehatannya. Yuk, lindungi si Kecil tersayang agar ia tumbuh optimal!