Share Like
Simpan

Sering menjemur si Kecil di bawah sinar mentari pagi, Bu? Berjemur di pagi hari merupakan salah satu cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Bagaimana bisa nutrisi didapat dari berjemur? Jangan salah, sinar matahari pagi sangatlah baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang karena mengandung vitamin D alami yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi balita.

Ibu ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai manfaat vitamin D? Yuk, simak penjelasannya berikut ini:

  1. Memudahkan Penyerapan Nutrisi Balita

    Vitamin D akan memudahkan proses penyerapan nutrisi balita yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Selain itu, vitamin ini juga membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk pembentukan tulang selama masa pertumbuhan si Kecil tersayang.

  2. Mencegah Penyakit Rakitis dan Osteomalasia

    Osteomalasia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan rasa nyeri pada tulang, punggung, dan melemahnya fungsi otot. Tak berbeda jauh dengan osteomalasia, rakitis juga menyebabkan rasa nyeri akibat pelunakan dan kerapuhan tulang. Dengan mengonsumsi vitamin D secara teratur dan memenuhi kebutuhan nutrisi balita yang lain, maka si Kecil akan terhindar dari 2 penyakit ini.

  3. Mencegah Osteoporosis

    Vitamin D mampu memberikan keseimbangan kalsium dalam tubuh yang dapat memperkuat tulang dan mencegahnya mengalami kekeroposan. Jika ingin si Kecil tumbuh kuat dan sehat hingga tua nanti, Ibu perlu memerhatikan asupan vitamin D dalam makanannya!

  4. Mengontrol Tekanan Darah

    Selain baik untuk tulang, vitamin D juga dapat mengatur tekanan darah, menekan stres, mengurangi nyeri tubuh dan kejang otot, serta meningkatkan kekuatan jantung melalui pembentukan lapisan pelindung pada pembuluh darah.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi balita yang satu ini, Ibu bisa membawa si Kecil berjemur setiap pukul 6 hingga 8 pagi.Tak perlu terlalu lama, Ibu cukup melakukannya selama 10 hingga 15 menit saja. Selain dari sinar matahari, vitamin D juga dapat diperoleh melalui konsumsi makanan tertentu seperti ikan, susu, daging, jamur, dan jeruk.

Selain dari makanan dan sinar matahari, Ibu juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi balita berupa vitamin D melalui suplemen. Akan tetapi, pastikan Ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui jenis suplemen dan dosis suplemen yang paling tepat bagi si Kecil. Ayo Bu, cukupi kebutuhan nutrisi balita ini untuk optimalkan tumbuh kembangnya!