Whatsapp Share Like
Simpan

Bagaimana kabar Ibu dan janin? Semoga selalu sehat, ya. Pastinya, Ibu tidak sabar bertemu dengan si Kecil ketika memasuki trimester ketiga, Saya pun sangat bersemangat mempersiapkan kelahiran saat itu. Mulai dari menyiapkan perlengkapan bayi hingga mencukupi nutrisi untuk Ibu hamil. Dari sejumlah artikel medis yang saya baca, trimester akhir menjadi waktu yang krusial bagi kesehatan janin. Oleh sebab itu, Ibu perlu mendapatkan nutrisi yang penting bagi Ibu hamil dan janin berikut ini.

1. Omega 3

Ibu ingin si Kecil tumbuh cedas dan pintar? Biasakan untuk menyantap ikan seperti salmon dan ikan kembung yang mengandung banyak Omega 3. Menurut situs kesehatan National Center for Biotechnology Information dari Amerika Serikat, jenis lemak baik ini berkaitan dengan perkembangan otak dan sistem saraf janin. Bahkan, Ibu hamil yang sering mengonsumsi Omega 3 cenderung memiliki anak yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dan berbahasa lebih tinggi ketika berusia 18-24 bulan. Si Kecil nantinya akan lebih pintar menyerap pelajaran dan berkomunikasi dengan orang lain. Kabar baiknya, Omega 3 bahkan sudah bisa menjadi asupan rutin Ibu sejak memasuki trimester pertama. Pada momen tersebut, otak si Kecil akan terus berkembang sampai memasuki trimester tiga.

2. Kalsium

Selain memberikan asupan supaya tulang Ibu hamil kuat menopang berat badan, Kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan janin, Bu. Nutrisi satu ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kalsium juga membantu mengoptimalkan perkembangan jantung, sistem saraf, dan otot si Kecil di dalam kandungan. Bila janin mendapatkan Kalsium yang cukup selama masa kehamilan, ia akan lebih mudah tumbuh tinggi nantinya. Pastikan Ibu mendapatkan 1.000-1.300 mg/hari. Ibu bisa mendapatkan Kalsium dari berbagai sumber makanan seperti sayuran hijau, tahu, dan susu. Untuk mendapat asupan Kalsium dari susu, Ibu bisa memilih Frisian Flag Mama. Frisian Flag Mama membantu mencukupi kebutuhan Kalsium bagi Ibu dan Janin, serta melengkapi kebutuhan nutrisi lainnya, seperti Protein, Serat Pangan, Asam Folat, dan Zat Besi.

3. Zat Besi

Pertumbuhan janin 8 bulan juga harus didukung dengan asupan Zat Besi yang cukup. Hal ini disebabkan Ibu hamil membutuhkan volume darah yang tinggi untuk dialirkan ke janin. Bila asupan Zat Besi kurang, Ibu cenderung jadi loyo. Padahal, selain membuat Ibu lebih bugar saat beraktivitas, Zat Besi mengurangi risiko bayi lahir prematur, lho. Di samping itu, Zat Besi juga membuat janin lebih kuat dan sehat. Nah, Ibu bisa mendapatkan asupan Zat Besi dari bayam, brokoli, daging merah, kuning telur, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin A

Pada trimester terakhir ini, organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. Janin membutuhkan Vitamin A untuk membantu perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, dan sistem saraf. Nutrisi ini juga dibutuhkan supaya sistem jaringan tubuh Ibu bisa cepat pulih setelah melahirkan. Beberapa sumber vitamin A, yaitu hati ayam, ubi, kentang, wortel, dan labu.

Bagaimana, Bu? Semoga  informasi di artikel ini bermanfaat, ya. Jadi, ayo segera lengkapi nutrisi Ibu hamil ini supaya Ibu tetap fit dan si Kecil tumbuh sehat, kuat, dan cerdas sejak di dalam kandungan.