Share Like
Simpan

Bu, bagaimana hari-hari pertama si Kecil di sekolah? Tentunya, ada kekhawatiran si Kecil sulit beradaptasi, ya. Untungnya, saya sempat mengumpulkan beberapa informasi pendidikan karakter anak untuk diterapkan kepada si Kecil. Persiapan yang saya lakukan ini membuat si Kecil punya beberapa kemampuan non akademis untuk bersekolah dengan baik. Apa sajakah itu? Berikut saya coba rangkum dari informasi yang didapat.

  • Kemampuan Mengontrol Emosi

Di usia dini, sering kali si Kecil sulit mengontrol emosinya. Namun, Ibu bisa meningkatkan kemampuan si Kecil mengontrol emosi, lho. Menurut artikel psikologi yang saya baca, anak-anak bisa lebih mengontrol emosinya bila orang tua membicarakan perasaan dengan lembut. Misalnya, si Kecil menginginkan sesuatu barang dan tidak dituruti, sehingga ia marah. Daripada mengomel, Ibu bisa menjelaskan bahwa ia belum membutuhkan barang tersebut.

  • Kemampuan Berbicara Sopan

Tahukah Ibu, si Kecil tanpa disadari meniru bahasa dan gaya bicara orang tua, lho. Oleh sebab itu, Ibu harus berhati-hari berbicara saat di rumah, ya. Apabila Ibu sering memarahi atau membentak si Kecil, ada kemungkinan ia akan kesulitan berkomunikasi dengan teman sebayanya. Si Kecil akan memilih berteriak daripada bernegosiasi saat tidak mendapatkan keinginannya. Untuk mencegahnya, Ibu bisa lebih sering mengajaknya mengobrol tentang hal-hal yang disukainya. Kebiasaan ini membuat si Kecil merasa didengarkan dan belajar menjadi pendengar yang baik.

  • Kemampuan Beradaptasi

Setiap Ibu ingin anaknya selalu sehat dan aman. Sayangnya,  hal ini membuat beberapa Ibu jarang mengajak si Kecil ke luar rumah. Si Kecil hanya mengetahui dan mengenal semua hal yang ada di dalam rumah. Ketika Ibu mengajaknya jalan-jalan ke tempat baru, si Kecil akan merengek dan menangis ketakutan. Hal ini akan menyulitkan si Kecil ketika masuk sekolah. Ada kemungkinan ia akan sulit beradaptasi, Bu.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya Ibu lebih sering mengajaknya ke luar rumah dan bermain dengan anak lain. Kebiasaan ini juga bisa membantu perkembangan karakter anak, sehingga ia lebih mudah beradaptasi ketika berada di lingkungan baru.

  • Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Ada yang bilang, jangan langsung membantu si Kecil saat ia menghadapi kesulitan. Bantuan Ibu hanya membuatnya sulit mandiri, sehingga si Kecil menjadi malas mencari solusi atas suatu masalah. Ternyata, hal ini ada benarnya, Bu.

Terbiasa dibantu saat mengalami kesulitan bisa membuat si Kecil menghindar ketika punya masalah. Saat dia melakukan kesalahan, si Kecil bisa menyalahkan orang lain untuk menyelamatkan dirinya.

Oleh sebab itu, biarkan si Kecil meyelesaikan masalahnya sendiri, Bu. Ketika ia berhasil melakukannya, beri pujian atau hadiah kecil. Ini akan membuatnya makin bersemangat dan tidak mudah menyerah.

Pendidikan karakter anak memang diperlukan untuk si Kecil, Bu. Ia pun bisa lebih mudah bersosialisasi dengan lingkungan barunya nanti. Semoga rangkuman dari saya ini bermanfaat, ya. Selamat bersekolah untuk si Kecil!