Share Like
Simpan

 Momen pertumbuhan gigi si Kecil adalah salah satu momen yang ditunggu para Ibu. Saat si Kecil berumur 7 – 9 bulan, gigi pertamanya mulai tumbuh, tetapi ada juga anak yang hingga berumur 1 tahun giginya belum tumbuh. Ibu tidak perlu risau karena pertumbuhan dan perkembangan setiap anak tidaklah sama.

Apa itu gigi susu?
Gigi yang tumbuh pada masa bayi dan kanak – kanak disebut gigi susu/gigi primer/gigi sementara. Gigi susu berjumlah 20 buah dengan 10 buah di rahang atas dan 10 buah di rahang bawah, yang terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham.
Umumnya gigi di rahang bawah tumbuh terlebih dahulu, yaitu dua gigi seri. Kemudian diikuti dengan empat gigi seri rahang atas. Beberapa bulan kemudian, dua gigi seri rahang bawah dan empat gigi geraham belakang tumbuh bersamaan, menyisakan tempat untuk gigi taring. Biasanya ini terjadi saat si Kecil berumur 2,5 tahun. Saat si Kecil berumur 3 tahun, gigi geraham sisanya akan tumbuh, sehingga lengkaplah seluruh gigi susunya.

Kenali tanda – tanda tumbuh gigi
Beberapa anak tidak menunjukkan tanda – tanda tumbuh gigi, sebagian lainnya akan menunjukkan berbagai macam gejala. Gejala pertumbuhan gigi bisa muncul berhari – hari, berminggu – minggu bahkan berbulan – bulan sebelum giginya tumbuh.
Mungkin Ibu akan menjumpai hal-hal berikut :
• Si Kecil meneteskan air liur lebih banyak daripada biasanya
• Pipi si Kecil bersemu merah
• Daerah gusi tempat gigi tumbuh tampak lebih kemerahan
• Si Kecil senang mengigit barang – barang
• Si Kecil tampak rewel dan gelisah, nafsu makannya cenderung menurun
Ibu dapat membantu meringankan penderitaan si Kecil ketika giginya tumbuh dengan memberikan mainan yang terbuat dari karet dengan berbagai bentuk. Mainan tersebut dapat Ibu dinginkan terlebih dahulu di lemari es untuk mengurangi nyeri tumbuh gigi.


Merawat gigi si Kecil
Sejak giginya mulai tumbuh, Bunda harus menjaga kesehatan gigi dan mulutnya karena gigi susu merupakan dasar pembentukan gigi tetap. Perawatan yang dapat Ibu berikan sebagai berikut:
• Gosoklah secara perlahan gusi dan gigi bayi dengan kasa steril ketika giginya mulai tumbuh.
• Bila tidak ada kasa, Ibu dapat menggantinya dengan lap berbahan lembut.
• Jika si Kecil sudah cukup besar, maka Ibu bisa mulai mengajarkan berkumur atau bahkan menggosok gigi.
• Bila nafas bayi berbau atau gigi susu mulai goyang, segera ke dokter gigi.