Whatsapp Share Like
Simpan

Bu, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, lho. Salah satunya dengan melakukan aktivitas fisik. Nah, beberapa waktu lalu dalam sebuah acara, dokter Michael Trianto, SpKO, yang merupakan Dokter Spesialis Olahraga menciptakan sebuah gerakan sederhana untuk merangsang tinggi badan, kekuatan fisik, dan kecerdasan si Kecil. Gerakan itu bernama Gerak 123. Ibu sudah pernah melihat videonya? Kalau belum, yuk, tonton videonya di sini.

Dokter Michael juga mengatakan, ada berbagai manfaat dari gerakan pokok Gerak 123, terutama tiga kemampuan dasar motorik si Kecil, yaitu lari, lempar, dan lompat. Berikut saya rangkumkan informasinya untuk Ibu.

1. Gerakan Jalan dan Lari di Tempat

Melalui gerakan ini, kaki si Kecil dilatih melakukan gerakan berulang-ulang sehingga mampu mengoptimalkan kekuatan otot kakinya. Selain itu, ini merupakan gerakan kardio yang membuat jantung si Kecil bekerja lebih cepat, sehingga pembuluh darahnya melebar dan oksigen yang tersebar ke seluruh tubuhnya lebih optimal. 

2. Gerakan Melompat

Beberapa bagian Gerak 123 menuntut si Kecil untuk melompat berulang-ulang. Nah, gerakan ini diharapkan bisa merangsang pertumbuhan tulang si Kecil agar tumbuh tinggi. Saat tinggi badannya optimal, si Kecil pun lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

3. Berhitung sambil Bernyanyi

“1, 2, 3, 4, 5, 6,” adalah salah satu lirik lagu pada Gerak 123, Bu. Aktivitas berhitung sambil bernyanyi tentunya menjadi cara belajar mengenal angka yang lebih menyenangkan bagi si Kecil. Selain itu, gerakan dan nyanyian ini juga mampu merangsang kecerdasan matematika si Kecil, lho!

4. Gerakan Menyilangkan Kaki dan Tangan

Paul Ehrlich Dennison dalam buku Brain Gym and Me: Reclaiming the pleasure of Learning menyebutkan bahwa gerakan menyilangkan kaki dan tangan mampu merangsang kemampuan motorik anak, Bu. Apalagi, belajar menyeimbangkan gerakan kaki dan tangan juga bisa mengoptimalkan kerja otak kanan dan kiri. Jadi, tak hanya fisik si Kecil yang akan tumbuh optimal, kemampuan berpikirnya juga ikut terlatih, Bu.

5. Melakukan Dua Gerakan atau Lebih secara Bersamaan

Beberapa gerakan Gerak 123 menuntut si Kecil untuk melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan. Misalnya, jalan di tempat sambil mengayunkan lengan, memposisikan tangan di bagian-bagian tubuh tertentu sesuai lirik lagu, mengangkat tangan sambil melompat, dan sebagainya. Kombinasi berbagai gerakan ini menuntut si Kecil untuk lebih fokus dan melakukan gerakan sesuai urutan dan lagu. Jadi, tak hanya membuat tubuhnya sehat, kecerdasan si Kecil dalam menangkap dan mengolah informasi pun terlatih.

Itu dia beberapa gerakan pokok yang terdapat dalam Gerak 123. Semoga bisa menjadi panduan Ibu di rumah untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, ya. Setelah menonton video tutorialnya bersama, Ibu bisa mengajak si Kecil mengikuti kompetisi Pencarian Anak 123 dan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah! Jadi, selamat mencoba, Bu.