Whatsapp Share Like
Simpan

Halo, Bu! Bagaimana proses tumbuh kembang si Kecil saat ini? Semoga berjalan secara optimal, ya. Memasuki usia dua tahun, umumnya si Kecil sudah mulai sering bertanya soal segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Nah, ini bisa menjadi kesempatan yang tepat untuk mengajak si Kecil belajar nama hewan dan tumbuhan, Bu. Selain melalui buku, smartphone, dan televisi, Ibu juga bisa menggunakan benda sehari-hari yang sering dijumpai si Kecil. Benda sehari-hari seperti apa yang dimaksud? Yuk, simak sama-sama, Bu!

1. Pola Pakaian

Apakah Ibu sering mengajak si Kecil memilih baju bersama sehabis mandi? Sembari memilih baju, coba sesekali beri tahu si Kecil nama hewan atau tanaman yang ada pada pola pakaian tersebut. Ini bertujuan untuk melatih kemampuan memori otak si Kecil agar ia lebih cepat tangkap dalam mengingat nama dan bentuk sebuah gambar, Bu.

2. Cetakan Kue

Selain memilih baju bersama, saya juga sering mengajak si Kecil untuk membuat kue di akhir pekan. Tidak hanya menyenangkan, aktivitas ini juga bisa menjadi cara efektif dalam mengenal hewan untuk anak. Yuk, siapkan cetakan kue berbentuk jenis hewan lucu untuk menarik perhatian si Kecil. Nah, selama proses membuat kue, coba mulai jelaskan nama serta keunikan dari hewan pada cetakan kue yang ia gunakan. Dengan begitu, secara tidak langsung si Kecil akan mulai mengenal nama dan bentuk jenis hewan tersebut. 

3. Koleksi Boneka

Apakah si Kecil senang bermain dan mengoleksi boneka? Wah, ini bisa Ibu manfaatkan untuk mengenalkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan padanya. Sebagai rekomendasi, saya sering mengajak si Kecil bermain boneka jari sambil menirukan suara bentuk hewan atau memperlihatkan keunikan tanaman tersebut. Sesekali saya juga mengajak si Kecil untuk menyebut nama hewan atau tanaman tersebut agar ia tidak lupa.

Itu dia beberapa jenis benda sehari-hari yang pernah saya gunakan untuk mengajak si Kecil belajar nama hewan dan tumbuhan. Selain melakukan cara di atas, sebaiknya Ibu mengenalkan jenis hewan dan tumbuhan secara satu-persatu, ya. Misalnya, saat mengenalkan hewan gajah, Ibu tidak perlu memaksa si Kecil untuk langsung menghafal nama hewan tersebut. Biarkan si Kecil terbiasa dengan bentuk gajah terlebih dahulu, baru perlahan-lahan mulai ajarkan ia menyebut nama gajah. Semoga informasi ini membantu ya, Bu!