Whatsapp Share Like
Simpan

Senangnya melihat si Kecil sudah memasuki usia sekolah saat ini. Tahukah Ibu? Selain belajar membaca, menulis, dan berhitung, si Kecil juga perlu mendapatkan pendidikan karakter yang baik. Salah satunya adalah mengajarinya untuk lebih bersyukur. Ketika di sekolah kelak, si Kecil akan menemukan berbagai perbedaan fisik dan latar belakang. Hal ini bisa membuat ia membandingkan diri dengan teman-temannya, Bu. Itu sebabnya, ketika ia sudah aktif sekolah, saya mulai mencari tahu cara mengatasi masalah ini di berbagai forum. Berikut beberapa cara mendidik anak yang baik dan benar agar si Kecil lebih mudah bersyukur. Simak yuk, Bu!

1. Biasakan Mengucapkan Terima Kasih

Bu, di usia empat tahun ke atas, kemampuan bicara si Kecil umumnya sudah berkembang cukup pesat. Hal ini bisa Ibu manfaatkan untuk membiasakannya mengucapkan kata “terima kasih”. Selain mengajarkannya sopan santun, tanpa disadari, cara ini juga bisa membantu si Kecil untuk lebih bersyukur terhadap segala keadaan.

2. Dorong si Kecil untuk Belajar Berbagi

Berdasarkan pengalaman saya dulu, mengajarkan si Kecil untuk berbagi memang gampang-gampang susah, Bu. Dulu, saya sempat kesulitan ketika mengajak si Kecil menyumbangkan mainannya yang sudah tidak terpakai. Hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi, karena anak seusianya belum mengerti perbedaan antara berbagi dan menyerahkan kepemilikan barangnya. Itu sebabnya, coba nasihati si Kecil dengan halus dan beri ia pengertian bahwa masih banyak anak lain yang tidak mampu membeli mainan di luar sana.

3. Jelaskan Bahwa Tiap Keluarga Memiliki Aturan yang Berbeda

Beberapa hari yang lalu, si Kecil ngambek ketika pulang sekolah. Setelah saya tanya alasannya, ternyata si Kecil melihat temannya membawa bekal kentang goreng ke sekolah, sedangkan ia hanya boleh makan gorengan setiap akhir pekan saja. Saya pun sempat bingung bagaimana cara mengatasinya. Untung Ayah langsung menjelaskan bahwa setiap keluarga memiliki aturan yang berbeda-beda. Kami juga coba memberi si Kecil pengertian bahwa makanan seperti itu tidak sehat. Kalau ia sakit setelah memakannya, ia tidak bisa bermain dengan teman-temannya.

4. Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama si Kecil

Saat senggang, Ibu bisa mengajak si Kecil melakukan aktivitas seru, seperti berenang, membuat kue, atau mengunjungi rumah Nenek. Dari artikel online yang saya baca, cara ini bisa mengajarkan si Kecil bahwa waktu berkualitas bersama orang tersayang lebih berarti ketimbang hadiah material seperti mainan.

Bagaimana, Bu? Semoga beberapa cara mendidik anak yang baik dan benar ini bisa membantu Ibu mengajarkan si Kecil untuk selalu bersyukur, ya. Selamat mencoba!