Share Like
Simpan

Berat si Kecil akan berkurang hingga 10% pada minggu pertama setelah dilahirkan karena ia masih beradaptasi dengan lingkungannya yang baru dan asupan makanan yang berbeda saat ia masih dalam kandungan. Namun, Ibu jangan risau karena beratnya akan kembali atau naik saat berusia 2 minggu seiring dengan meningkatnya kemampuan mengisap dan kemahiran ibu menyusui.

Pada 3 bulan pertama, pertumbuhan apa saja yang dialami si Kecil ?
• Berat badan harian bertambah ± 30 gr
• Panjang badan bertambah 3,5 cm/bulan
• Lingkar kepala bertambah 2 cm/bulan

Amati perkembangannya

Si Kecil akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur pada satu bulan pertama kehidupannya. Meski begitu, ia sudah dapat melihat dalam jarak 20 – 30 cm. Ia dapat menekuk tangan dan kakinya, menoleh ke kiri dan ke kanan serta dapat mengikuti objek hingga sudut pandangan 45o. Si Kecil dapat mengenali bau ASI Ibu dan dapat memberikan respon bila mendengar suara Ibu.

Saat si Kecil berusia 1 bulan, kakinya sudah lebih lurus dan rileks, matanya mampu mengikuti objek hingga sudut 90o. Si Kecil merespon bila mendengar suara berisik dan ia dapat tersenyum spontan. Menginjak usia 2 bulan, si Kecil mampu mengangkat kepalanya hingga 45o dan mengikuti objek hingga sudut 180o. Si Kecil pun dapat membalas senyum bila ada yang tersenyum atau tertawa padanya.

Ketika si Kecil berusia tiga bulan, lengan dan kakinya semakin lurus, gerakannya bertambah aktif. Saat tengkurap, si Kecil dapat mengangkat kepala dan dadanya. Ia dapat meraih benda yang diletakkan di dekatnya dan menoleh ke arah datangnya suara. Pada usia ini, ia senang melihat bayangannya di cermin dan mulai mengucapkan “aah, ngah”.