Share Like
Simpan

Halo Ibu, sudahkah si Kecil makan buah hari ini? Mengonsumsi buah sebagai menu makanan sehari-hari sangatlah penting untuk menunjang tumbuh kembangnya di usia lima tahun. Selain karena ia mulai menyantap berbagai jenis makanan, tubuhnya juga sudah semakin aktif bermain dan beraktivitas sehingga asupan nutrisinya pun harus seimbang.

Dulu saya sempat khawatir si Kecil akan menolak buah, karena ia termasuk anak yang pilih-pilih makanan. Suatu hari, saya perkenalkan ia dengan buah manis dan eksotis yang banyak manfaatnya, yaitu buah naga. Waktu itu, sih ia cukup bingung karena tidak begitu familiar dengan nama tersebut. Tapi setelah mencobanya, hm, si Kecil langsung ketagihan dan melahapnya dengan semangat.

Lalu, apa saja manfaat buah naga untuk si Kecil? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Bu!

Kaya akan Vitamin C

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki Vitamin C tinggi. Jadi, Ibu bisa menjadikan buah manis ini sebagai salah satu variasi menu buah-buahan untuk menjaga sistem imun tubuh si Kecil.

Mengandung Antioksidan

Tubuh si Kecil di usianya saat ini sangatlah rentan terkena penyakit. Oleh sebab itu, penting untuk menunjang kebutuhan nutrisinya dengan makanan yang mengandung antioksidan sebagai pencegah radikal bebas. Sering menyantap buah segar ini, juga bisa mencegah kanker sejak dini lho, Bu.

Sumber Kalsium, Fosfor, dan Protein

Ketiga mineral ini termasuk zat yang sangat penting demi mendukung tumbuh kembang si Kecil. Baik dari segi pertumbuhan tulang, daya tahan tubuh, dan juga memperbaiki fungsi kerja ginjal.  

Dapat membantu penyembuhan batuk dan asma

Ketika si Kecil jatuh sakit, banyak Ibu yang memilih untuk mencari obat tradisional untuk meredakan keluhannya. Sebagai obat pereda batuk dan asma, Ibu bisa menyajikannya dalam bentuk jus atau buah potong dan usahakan untuk rutin mengonsumsinya.

Kaya akan serat

Tidak hanya buah jeruk dan pepaya saja yang dapat membantu proses pencernaan si Kecil, buah naga merah juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Baiknya lagi, buah naga juga memiliki peran penting untuk menunjang pertumbuhan probiotik, lho. Nah, sebagai obat untuk sembelit,  cobalah untuk menyantapnya sebanyak dua kali sehari hingga konstipasi terasa membaik. Jika tidak membantu, segeralah berkonsultasi dengan tim medis ya, Bu.

“Hm, enak ya, Bu!”, komentar si Kecil setelah saya beberapa kali menyajikan buah cantik ini sebagai menu camilannya. Wah, bahagia saya melihat ia begitu menikmati buah ini. Tapi, saya teringat akan satu hal, anak-anak biasanya mudah bosan dengan penyajian yang itu-itu saja. Jadi, sebagai variasi hidangan, seringkali saya menyajikannya ke dalam bentuk agar-agar atau jus dengan campuran buah segar lain. Dengan demikian, si Kecil bisa tetap semangat menikmati camilan segar, sambil memenuhi kebutuhan nutrisi di masa tumbuh kembangnya ini.

Apakah Ibu punya resep kreatif lain seputar mengolah buah naga? Yuk, bagikan di sini!