Share Like
Simpan

Bersahabat dengan alam tidak saja membantu memperkuat raga si Kecil, tetapi juga melatih kesehatan jiwanya. Mengenalkan alam sejak dini agar si Kecil mencintai alam dan menjaganya. Apa saja yang bisa Ibu lakukan?

Alam adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Mengajak si Kecil untuk kembali ke alam dan bersahabat dengan alam, merupakan bagian dari tugas orangtua. Berada di alam memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si Kecil karena akan memberikan pengalaman sensoris dan perabaan yang baru, dan memberikan kesempatan untuk menggunakan seluruh tubuhnya, yang sangat baik untuk kesejahteraan jiwa dan raganya.

Bagaimana caranya? Mulailah dari tempat terdekat yang mudah dijangkau. Ajak si Kecil bermain di halaman rumah atau di taman kompleks. Biarkan si Kecil menyentuh, mencabut, menangkap dan mengumpulkan apapun yang mereka temukan: aneka bentuk daun, bunga, atau aneka bentuk batu kerikil. Biarkan tangannya merasakan benda-benda alam yang dijumpainya di taman/halaman rumah.

Ibu juga bisa mengajak si Kecil bermain ‘mencari harta karun’ di halaman rumah, atau bermain tebak-tebakan yang berkaitan dengan alam, dunia flora dan fauna. Ajak si Kecil untuk membuka buku ensiklopedia tentang alam semesta. Perlihatkan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di alam semesta. Jika waktu sedang bermain di taman ada sejenis burung tertentu, abadikan dengan kamera dan sampai di rumah nanti, coba cari bersama si Kecil segala hal tentang burung tersebut dari internet atau dari buku ensiklopedia.

Tahukah Ibu, semakin banyak penelitian yang menyebutkan bahwa anak-anak yang bermain di alam terbuka terlihat lebih bahagia, lebih sehat dan lebih cerdas. Nah, tunggu apalagi? Ayo kita mulai mengajak si Kecil untuk bersahabat dengan alam, tidak hanya melalui bermain langsung di alam terbuka, tetapi juga dari buku-buku atau internet dan sarana pembelajaran lainnya.