Share Like
Simpan

Ketika Glenn Doman masih remaja, ia menghabiskan waktunya selama empat tahun untuk belajar Bahasa Perancis. Bahkan sampai dua kali ia pergi ke Perancis. Namun ia masih belum fasih. Namun tidak demikian dengan anak-anak Perancis, mereka bisa dengan baik dan fasih berbahasa Perancis sebelum mereka berusia enam tahun.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Dalam pikiran sederhana kita, hal tersebut pasti disebabkan karena anak-anak itu berada di Perancis sedangkan Glenn Doman tidak. Sehingga anak-anak itu terbiasa mendengar dan berbicara bahasa Perancis setiap hari.

Pemikiran keliru! Glenn Doman mengatakan, penyebabnya terletak pada kemampuan anak kecil yang tidak terbatas dalam belajar bahasa. Ini kebalikannya dengan orang dewasa.

Apakah hal itu bisa dibuktikan? Tentu saja. Kita sering mendengar ada banyak anak yang fasih berbicara lebih dari satu bahasa dalam lingkungan keluarga yang menggunakan lebih dari satu bahasa.

Glenn Doman dalam bukunya How to Teach Your Baby to Read menunjukkan, banyak kisah nyata mengenai anak yang dibesarkan dalam keluarga yang menggunakan lebih dari satu bahasa. Anak-anak itu fasih menggunakan bahasa tersebut sebelum usia enam tahun. Ajaib bukan!


Tahapan

Berdasarkan pengalaman dan penelitian, Glenn Doman menyimpulkan, bahwa anak-anak pada dasarnya mempunyai kemampuan yang tidak terbatas dalam belajar bahasa. Menurutnya:

  • Anak usia 3 tahun mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam belajar bahasa sekaligus yang paling menguasai bahasa.
  • Anak yang berusia 5 tahun akan menguasai lebih banyak, tetapi tidak sebanyak anak yang berusia 3 tahun.
  • Anak yang berusia 10 tahun akan menguasai banyak bahasa tetapi tidak sebanyak yang 5 tahun.
  • Anak yang berusia 15 tahun akan menguasai sedikit bahasa dan dalam beberapa waktu akan segera melupakannya


Berangkat dari kesimpulan ini, kita sebagai orang tua harus yakin bahwa seorang anak bukanlah orang dewasa kecil yang kurang unggul, tetapi dalam banyak hal malahan lebih unggul dari orang dewasa. Bahkan kemampuan itu tidak terbatas dalam bidang bahasa saja.

Setiap anak yang normal mempelajari bahasa secara lengkap, antara usia satu sampai lima tahun. Dia mempelajarinya dengan logat negeri itu, kota, lingkungan, dan keluarganya dan dia mempelajarinya tanpa usaha yang keras.

Kita dapat memanfaatkan kemampuan unik anak ini untuk mengajar bahasa pada mereka dengan sebaik-baiknya. Berikan kesempatan seluas-luasnya atas kemampuan mereka yang luar biasa itu.

Irene F Mongkar Praktisi Glenn Doman