Share Like
Simpan

Kadang di usia dini si Kecil sudah harus berkacamata. Terlebih jika kedua orangtuanya berkacamata. Apakah ciri-ciri anak perlu berkacamata? Ayo kita kenali.

Pemeriksaan mata umumnya menjadi bagian dari pemeriksaan pada kunjungan rutin ke dokter. Tetapi pada anak-anak yang di keluarganya ada riwayat gangguan mata atau gangguan penglihatan, pemeriksaan mata sebaiknya dilakukan secara khusus. Pemeriksaan dapat dilakukan saat si Kecil menginjak usia 3,5 tahun, yang meliputi penapisan kesehatan mata dan tes ketajaman penglihatan.

Untuk anak-anak yang belum bisa membaca, tes ketajaman penglihatan biasanya menggunakan poster E. Si Kecil akan diminta untuk duduk di kursi yang berjarak 10 kaki dari dinding yang telah ditempeli poster E. Poster ini terdiri dari huruf E dengan berbagai posisi dan ukuran, dari atas ke bawah mulai dari terbesar sampai terkecil. Si Kecil memegang lembaran bertuliskan huruf E dan nanti akan diminta untuk menunjukkan posisi huruf sesuai yang ditunjukkan oleh pemeriksa. Pemeriksaan dilakukan bergantian untuk mata kiri dan kanan.

Dalam keadaan normal, pada usia 3-4 tahun, si Kecil dapat melihat baris 20/40 dan baris 20/30 pada usia 5 tahun. Jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa si Kecil tidak dapat melihat baris yang sesuai dengan umurnya atau hasil mata kiri dan kanannya berbeda, maka kemungkinan matanya bermasalalah dan si Kecil harus mengunakan kacamata untuk memperbaiki kelainan ini.

Jika memang si Kecil harus menggunakan kacamata, tidak ada salahnya bila Ibu membiarkan si Kecil memilih sendiri bingkai kacamatanya, yang sebaiknya terbuat dari bahan plastik atau logam. Jangan lupa untuk memasangkan tali (kalung) pada bingkai kacatamanya sehingga jika sewaktu-waktu terlepas, kacamata tidak akan jatuh.

Si Kecil mungkin tidak akan mengeluh soal penglihatannya, tetapi Ibu bisa menemukan sesuatu yang ‘tidak biasa’, seperti menonton televisi terlalu dekat, sering menggosok mata, melihat mainannya dalam jarak yang terlalu dekat ke matanya atau sering berkedip. Jika Ibu menemukan hal-hal tersebut diatas, segera bawa si Kecil berkunjung ke dokter spesialis mata. Semakin dini masalah diketahui, maka akan semakin cepat pertolongan diberikan sehingga hasil pengobatan pun akan lebih baik. Tunggu apa lagi? Ayo ajak si Kecil memeriksakan matanya agar gangguannya segera bisa diatasi.