Share Like
Simpan

Hai! Apakah di sini ada Ibu yang baru saja melahirkan? Wah, selamat ya! Saya jadi ingat. Dulu, pas baru melahirkan anak pertama, semua rasa dalam hati ini sepertinya bercampur aduk menjadi satu. Pokoknya tak bisa diungkapkan dengan kata deh, Bu!

Nah, di awal-awal kelahiran si Kecil dulu, pernah suatu kali terbersit di dalam pikiran saya, “Hm, kira-kira seperti apa sih, kemampuan indera penglihatan si Kecil saat ini?” Ibu juga pasti pernah berpikir sama, kan? Dari situ, saya pun kemudian mencoba mencari tahu jawabannya. Ternyata, infonya menarik sekali, Bu! Penasaran, kan? Yuk, kita lihat bersama pembahasan di bawah ini.

0-1 Bulan

Berhubung sel saraf di otak dan retinanya masih harus berkembang, di awal kehadirannya di dunia ini, si Kecil baru bisa melihat benda dalam warna hitam, putih, dan abu-abu saja. Selain itu, kemampuan matanya untuk fokus juga belum sempurna sehingga seringkali matanya terlihat bergerak tak terarah atau bahkan seperti juling. Tak hanya itu, ia pun baru bisa melihat sejauh 20-30 cm dan kemampuan mata si Kecil untuk menangkap cahaya juga masih lemah. Diperkirakan, butuh kekuatan cahaya 50x lebih besar dari yang biasa kita lihat supaya ia bisa melihat kehadirannya!

2 -3 Bulan

Memasuki usia 2 bulan, ia sekarang sudah bisa melihat warna-warna lain di sekitarnya. Pada awalnya, si Kecil biasanya baru bisa melihat warna merah dan jingga. Kemudian, mendekati usia 3 bulan nanti, ia pun mulai bisa melihat warna-warna lainnya.

Bukan hanya itu saja, Bu. Di usianya ini, si Kecil juga mulai bisa mengubah pandangannya  dari benda satu ke lainnya tanpa harus menggerakkan kepala, serta mengikuti gerakan benda di depannya. Inilah mengapa di usia ini, si Kecil biasanya sudah mulai mencoba untuk meraih benda di depannya.

4 Bulan

Di tahap ini, si Kecil sudah semakin mahir menggunakan kedua matanya, Bu. Kini, juga ada satu lagi kemampuan baru yang mulai dikuasainya, yaitu memahami jarak dan kedalaman obyek. Jadi, sekarang ia sudah mulai bisa menganalisa ukuran, bentuk, dan posisi dari suatu benda.

Berhubung kemampuan melihatnya sudah semakin meningkat, si Kecil pun sudah dapat membedakan 2 buah benda yang berwarna serupa, misalnya kancing baju berwarna merah yang terdapat di dress merah Ibu. Ia sudah semakin hebat, ya!

5 Bulan

Bu, perkembangan daya lihat si Kecil sudah makin meningkat! Sekarang, ia sudah lihai dalam memperhatikan benda-benda kecil serta mengikuti benda yang bergerak. Di tahap ini, si Kecil juga mulai mengerti kalau obyek yang tidak dilihatnya, tetap ada dan tidak hilang, Bu. Oleh karena itu, saat ini si Kecil  biasanya suka sekali dengan permainan “Cilukba”! Ia pun sudah semakin mahir membedakan warna-warna di sekelilingnya, walaupun cenderung masih tertarik dengan warna primer.

6 Bulan

Sekarang, kemampuan melihatnya sudah semakin sempurna! Ia sudah bisa melihat berbagai macam warna dalam pelangi dengan mudah. Ya, di tahap ini, daya lihatnya sudah hampir sama dengan orang dewasa.  Koordinasi mata dan tangannya pun sudah mulai meningkat pesat. Inilah alasannya mengapa usia 6 bulan disebut sebagai masa yang tepat bagi si Kecil untuk menjalani tes pemeriksaan mata untuk pertama kalinya.

Wah, ternyata perkembangan mata si Kecil di 6 bulan pertamanya ini sungguh menakjubkan, ya! Tentunya, agar proses tumbuh kembang indera penglihatannya itu dapat terus berlangsung optimal, pastikan Ibu terus memberikan stimulasi yang tepat untuknya. Selamat mendampingi proses tumbuh kembang si Kecil, Bu!