Perbincangan mengenai perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan sudah ada sejak zaman dahulu. Banyak mitos yang beredar, mulai dari bentuk perut, gejala kehamilan, hingga cara melahirkan. Sebelum membahasnya lebih lanjut, pastikan Ibu mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung tinggi DHA yang bermanfaat untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil, serta 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal. Susu ini juga mengandung 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ibu. 

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Mitos terkait perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan bisa Ibu rasakan secara fisik maupun emosional. Secara medis, adakah perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan yang terbukti nyata? Simak penjelasannya dalam artikel ini, Bu!

Mitos Perbedaan Hamil Bayi Laki-laki dan Perempuan 

Secara fisik, tidak ada perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan yang signifikan. Namun, ada beberapa mitos yang dipercaya sebagai perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan.

Berikut ini mitos dan fakta seputar ciri-ciri hamil bayi perempuan dan laki-laki yang perlu Ibu ketahui:

  1. Perbedaan bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan

    Menurut mitos, ada perbedaan bentuk perut hamil anak laki-laki dan perempuan. Bentuk perut ibu hamil yang lebih menonjol ke depan dan pusar menonjol ke luar menandakan hamil bayi laki-laki. 

    Artikel Sejenis

    Sedangkan perut ibu hamil yang bulat sempurna dan pusar menonjol ke dalam dipercaya menandakan hamil bayi perempuan. Namun, belum ada bukti ilmiah yang membahas kaitan antara bentuk perut Ibu hamil dengan jenis kelamin bayi.

  2. Perbedaan ukuran payudara

    Mitos seputar perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan juga dikaitkan dengan perbedaan ukuran payudara. Banyak yang mengira, jika payudara kanan lebih besar dibandingkan payudara kiri, maka itu tandanya si Kecil berjenis kelamin laki-laki.

    Faktanya, perubahan hormonal selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah dan menyebabkan munculnya perubahan pada jaringan payudara, sehingga ukurannya bisa jadi lebih besar.

    Payudara Ibu cenderung membengkak saat mempersiapkan suplai ASI untuk si Kecil setelah lahir. Hingga saat ini, tidak ada penelitian yang membuktikan ukuran payudara berkaitan dengan jenis kelamin bayi dalam kandungan.

  3. Perbedaan pusar ibu hamil

    Salah satu mitos populer terkait perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan dilihat dari pusar. Menurut mitos, ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar yang menonjol ke dalam.

    Lantas, bagaimana dengan mitos hamil bayi laki-laki? Tak sedikit ibu hamil yang percaya apabila pusar menonjol ke luar itu menandakan jenis kelamin bayi laki-laki. 

    Namun, mitos ini belum terbukti kebenarannya secara medis. Pusar yang menonjol ke dalam atau ke luar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti posisi janin, ukuran janin, dan kondisi tubuh ibu hamil.

  4. Perbedaan garis di perut

    Mitos perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan ini juga banyak dipercaya. Garis gelap di perut (linea nigra) yang panjangnya sampai ke pusar dipercaya sebagai tanda mengandung bayi perempuan.

    Sedangkan, ibu hamil yang memiliki garis gelap di perut yang panjangnya sampai melewati pusar akan mengandung bayi laki-laki. Faktanya, garis gelap di perut adalah tanda perubahan hormon yang umum terjadi pada ibu hamil, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi perempuan maupun laki-laki.

  5. Hamil bayi perempuan sering mengalami morning sickness

    Mitos hamil bayi perempuan sering mengalami morning sickness - ibudanbalita

    Mitos menyebutkan bahwa salah satu bawaan hamil bayi perempuan yang mungkin Ibu alami adalah mengalami morning sickness lebih sering dibandingkan hamil bayi laki-laki. 

    Padahal anggapan tersebut hanyalah mitos belaka ya, Bu. Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa frekuensi morning sickness menjadi tanda hamil anak perempuan menurut dokter.

    Morning sickness tidak bisa menjadi satu-satunya tolak ukur perbedaan hamil bayi laki laki dan perempuan. Sebab, kondisi mual yang dialami oleh setiap Ibu hamil pasti berbeda.

  6. Hamil bayi perempuan suasana hati mudah berubah

    Beberapa Ibu mungkin berpikir bahwa bawaan hamil bayi perempuan meningkatkan hormon estrogen, sehingga suasana hati mudah berubah. Faktanya, perubahan hormon selama kehamilan memang menyebabkan perubahan suasana hati pada Ibu hamil.

    Akan tetapi, perubahan suasana hati tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Itulah sebabnya, ciri-ciri hamil bayi perempuan menyebabkan suasana hati Ibu mudah berubah hanyalah mitos belaka.

  7. Hamil bayi perempuan akan ngidam makanan manis

    “Ibu yang hamil bayi perempuan pasti ngidam makanan manis.” Apakah Ibu sering mendengar kalimat tersebut? Ternyata anggapan ini tidak benar alias hanya mitos belaka ya, Bu.

    Dalam dunia medis tidak ada penelitian yang menunjukkan ciri-ciri hamil bayi perempuan menyebabkan Ibu jadi ngidam makanan manis. Selama kehamilan, selera makan Ibu hamil bayi perempuan maupun laki-laki cenderung berubah akibat faktor hormon yang memengaruhi indra pengecapnya.

  8. Hamil bayi laki-laki detak jantung lebih lambat

    Mitos perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan berikutnya adalah detak jantung bayi. Detak jantung lebih rendah dari 140 detak per menit dipercaya sebagai ciri-ciri hamil bayi laki-laki, sedangkan detak jantung bayi yang lebih tinggi dari 140 detak per menit menandakan bayi perempuan.

    Faktanya, detak jantung bayi dapat bervariasi selama kehamilan berlangsung. Detak jantung bayi biasanya akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

  9. Hamil bayi laki-laki memiliki warna urine lebih gelap

    Banyak anggapan yang meyakini bahwa ibu hamil bayi laki-laki akan mengeluarkan warna urine lebih gelap. Sebagian lainnya meyakini bahwa ciri-ciri hamil bayi perempuan memiliki urine yang berwarna kuning cerah.

    Faktanya, warna urine Ibu yang hamil bayi perempuan maupun bayi laki-laki akan bervariasi setiap harinya lho. Sebab, warna urine berkaitan dengan hidrasi, infeksi, vitamin, atau diet yang dilakukan Ibu hamil.

    Dari penjelasan mitos seputar perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan di atas, Ibu dapat mengetahui bahwa beberapa ciri-ciri yang dipercaya sebagai tanda hamil bayi dengan jenis kelamin tertentu hanyalah mitos belaka. 

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Ciri-Ciri Hamil Anak Laki-Laki di Trimester Pertama

Tips Menjaga Kesehatan pada Kehamilan Muda

Tips Menjaga Kesehatan pada Kehamilan Muda - ibudanbalita

Mitos kehamilan terkait perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan memang banyak beredar di masyarakat. Daripada mempercayainya, Ibu sebaiknya fokus menjaga kesehatan diri sendiri untuk mengoptimalkan perkembangan organ janin dalam kandungan.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan saat masa awal kehamilan yang bisa Ibu terapkan:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

    Meskipun Ibu mungkin mengalami mual dan muntah, penting untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Ibu dapat memilih makanan yang kaya akan protein, serat pangan, asam folat, zat besi, dan kalsium.

    Selain makanan, Ibu juga dapat mengonsumsi susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil, seperti Frisian Flag Primamum. Susu ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan Ibu dan janin, seperti DHA, 9AAE protein, serat pangan, asam folat, zat besi, dan kalsium.

  2. Mengurangi aktivitas berat

    Aktivitas berat secara berlebihan di awal kehamilan dapat menyebabkan kondisi serius, seperti kelelahan, nyeri punggung, terkilir atau terpeleset. Selain itu, aktivitas berat juga dapat meningkatkan risiko keguguran, terutama di awal kehamilan. 

    Oleh karena itu, Ibu sebaiknya membatasi aktivitas berat dan berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan aktivitas fisik.

  3. Menghindari konsumsi kafein berlebihan

    Kafein tidak sepenuhnya dilarang selama kehamilan, tetapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Konsumsi kafein yang berlebihan dapat menimbulkan risiko, seperti refluks asam lambung, anemia, keguguran, hingga berat badan lahir rendah.

  4. Lakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala

    Pemeriksaan kehamilan rutin sangat penting bagi ibu dan janin. Pemeriksaan ini dapat membantu ibu untuk mengetahui perkembangan janin dan kondisi kesehatannya, serta mendeteksi dini adanya gangguan kehamilan.

Untuk tips menjaga kesehatan kehamilan muda lainnya, Ibu bisa membacanya lebih lanjut di halaman ini. Jika Ibu ingin memastikan jenis kelamin si Kecil, sebaiknya lakukan prosedur USG dengan dokter kandungan atau bisa juga menggunakan kalkulator jenis kelamin bayi.

Ibu bisa melihat perbedaan hasil USG bayi laki laki dan perempuan di trimester 2, tepatnya saat usia kehamilan menginjak minggu ke 18-20. Apapun jenis kelamin si Kecil, Ibu hamil sebaiknya mulai memperhatikan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya. 

Selama kehamilan, Ibu memerlukan tambahan energi, protein dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan Ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, Ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Ibu selama periode kehamilan.

Frisian Flag PRIMAMUM adalah susu ibu hamil dengan tinggi DHA, 9 Asam Amino Esensial (AAE) serta 9 nutrisi penting untuk kebaikan Ibu dan si Kecil selama periode kehamilan. Satu gelas Frisian Flag PRIMAMUM mengandung energi sebanyak 180 kalori, DHA 34 mg, protein 9 gram dan 9 nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang disesuaikan dengan tambahan nutrisi yang dibutuhkan ibu selama periode kehamilan. Frisian Flag PRIMAMUM tersedia dalam rasa cokelat yang lezat, tidak membuat enek atau mual serta enak disajikan dalam kondisi hangat maupun dingin. Optimalkan tumbuh kembang janin dengan susu Frisian Flag PRIMAMUM!

Jika Ibu masih memiliki banyak pertanyaan seputar kehamilan, Ibu bisa memanfaatkan fitur Kamus Kehamilan yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Yuk Bu, coba fitunya sekarang!

Jangan lupa registrasikan data Ibu untuk informasi dan fitur lengkap seputar kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dari Ibu dan Balita. Selain itu, dengan registrasi Ibu juga dapat memperoleh poin yang akan bisa ditukarkan dengan hadiah dan promo yang menarik. Daftar sekarang di sini ya!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.