Share Like
Simpan

Bisa menyusui si Kecil, mungkin adalah harapan hampir setiap ibu, salah satunya adalah saya. Dulu, saya sempat stres lho, ketika si Kecil mendadak tidak mau menyusu. Bukan karena merasa ditolak, tapi saya juga khawatir akan kebutuhan gizinya.

Di tengah kegalauan itu, adik ipar saya datang berkunjung dan menenangkan saya. Ia bilang, bahwa kejadian ini bukanlah hal langka dan bisa diatasi. Berbekal pengetahuan darinya, saya menelusuri internet untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam. Berikut ini yang saya temukan.

Belum Terbiasa

Untuk kasus bayi baru lahir, hal ini disebabkan ia masih belajar menyusui, Bu. Mungkin ia belum terbiasa dengan payudara Ibu, setelah selama ini mendapatkan makanan melalui plasenta. Setelah beberapa kali latihan menyusu, si Kecil nantinya akan terbiasa dan akhirnya mahir, kok.

Kebersihan Payudara

Kemungkinan karena kotoran atau masih ada sisa ASI yang sudah basi yang menempel di puting, Bu. Biasakan untuk membersihkan payudara dengan kain yang dibasahi air hangat setiap si Kecil setelah menyusui, ya. Cara tersebut dapat menghilangkan kotoran serta sisa ASI yang menempel di puting.

Merasa Asing

Apakah belakangan ini Ibu menggunakan jamu-jamuan yang dioles di area perut untuk melangsingkan setelah melahirkan? Atau minyak kayu putih untuk mengatasi kembung perut? Aroma tajam dari jamu, minyak oles, atau parfum yang kita gunakan, bisa membuat si Kecil merasa asing atau risih, Bu. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak mengenakan wewangian atau olesan apa pun ketika menyusui, ya.

Mudah Beralih Fokus

Coba perhatikan, apakah ada hal baru yang menarik si Kecil selama masa menyusui? Sebagai contoh, bunyi palu yang keras karena ada renovasi di rumah tetangga, suara pedagang yang lantang ketika melewati depan rumah, atau suara tv yang berisik di kamar? Suara-suara asing bisa menarik perhatian si Kecil yang sedang mengembangkan kemampuan mendengarnya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin minimalisir suara-suara tersebut agar si Kecil bisa menyusui dengan tenang.

Sedang Kurang Sehat

Sama seperti kita yang tak selera makan ketika sakit, si Kecil juga agak malas menyusu jika ada yang dirasa kurang nyaman di tubuhnya. Periksa kondisi mulut dan tenggorokan si Kecil, pastikan tidak ada sariawan atau radang. Cek juga suhu tubuhnya untuk memastikan kondisi si Kecil benar-benar sehat.

Bingung Puting

Apakah Ibu mulai mengenalkan si Kecil dengan dot? Itu bisa jadi penyebabnya, Bu. Sistem pengaliran susu melalui dot cenderung sederhana, tidak perlu proses menghisap. Cara ini memang memudahkan si Kecil untuk minum. Namun, ia jadi agak malas untuk ‘berusaha’ lagi ketika menyusu.

Nah begitulah kira-kira sebabnya, Bu. Semoga artikel saya ini bisa menjawab rasa penasaran Ibu, ya. Satu tips dari saya, tetaplah sabar jika Ibu mengalami situasi seperti ini. Selain itu, Jika Ibu merasa ada yang janggal dengan penolakannya, pastikan untuk segera membawa si Kecil ke dokter untuk diketahui penyebabnya lebih lanjut, ya.  Selamat beraktivitas, Bu!