Share Like
Simpan

Apakah Ibu selalu memberikan mainan anak yang ditunjuk si Kecil? Membeli dan memberikan mainan anak sebenarnya membutuhkan pertimbangan yang matang lho, Bu! Pasalnya, tak semua mainan anak baik dan cukup aman bagi si Kecil sehingga perlu mencermati lagi bahan, bentuk, fungsi, serta manfaatnya.

Bagi orang tua, penting rasanya untuk mengetahui berbagai jenis mainan anak dan kegunaannya untuk tumbuh kembang si Kecil. Nah, berikut ini adalah beberapa mainan anak yang cukup mudah ditemukan namun sering dianggap sepele manfaatnya:

  1. Lego

    Lego merupakan mainan yang melegenda sepanjang masa. Tak hanya menjadi teman bermain anak-anak, lego ini juga masih banyak digemari orang dewasa bahkan di seluruh penjuru dunia. Mainan anak yang satu ini dapat mendorong perkembangan keterampilan motorik dan kreativitas si Kecil. Tak hanya itu, dengan bermain lego ia juga akan belajar untuk memecahkan masalah dan merealisasikan ide yang ada di benaknya dalam bentuk nyata.

  2. Boneka

    Boneka biasanya diidentikkan dengan mainan anak perempuan, namun kini tak sedikit boneka yang juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki dengan bentuk tokoh pahlawan super. Tak banyak orang tua menyadari bahwa sebenarnya pada saat bermain boneka si Kecil juga mempelajari banyak hal seperti berkomunikasi, memperbanyak kosa kata, dan meniru peran orang dewasa.

  3. Peralatan Musik

    Mainan anak yang terdiri satu set peralatan musik biasanya sangat disukai anak-anak. Dengan memukul, memetik, atau menabuhnya si Kecil akan merasa gembira karena bisa meluapkan ekspresinya. Mainan ini juga bisa menumbuhkan dan menggali potensi serta kecintaan si Kecil terhadap musik lho, Bu.

  4. Mainan yang Memiliki Cermin

    Ada banyak mainan anak yang dilengkapi dengan cermin kecil di salah satu sisinya. Memang tak banyak disadari oleh para orang tua, namun anak-anak sangat suka melihat pantulan dirinya di cermin. Meski awalnya ia tak mengerti apa yang dilihatnya, lambat laun si Kecil akan menyadari bahwa ekspresi dan anggota badan yang tampak dalam cermin adalah pantulan dirinya sendiri. Setelah ia menyadarinya, bermain dengan cermin akan membuatnya belajar mengenali anggota tubuh dan juga dirinya sendiri.

  5. Mainan yang Dapat Ditekan dan Ditarik

    Umumnya, si Kecil menyukai mainan anak yang dapat dengan mudah digerakkan, dipindah, atau yang bisa diubah-ubah bentuknya. Mainan semacam ini selain bisa mengembangkan kreativitas si Kecil juga akan membantu membentuk keseimbangan dan pertumbuhan otot kaki serta tangan.

Itulah beberapa jenis mainan anak yang cukup baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Saat memilih mainan anak, jangan lupa utamakan kualitas agar keselamatan si Kecil selalu terjaga. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menemaninya bermain ya, Bu!