Share Like
Simpan

Hai, Bu. Sejak si Kecil tumbuh gigi, Ibu mungkin sudah mulai mengajari dan membiasakan ia untuk menggosok gigi setidaknya dua kali sehari, ya? Saya juga demikian, Bu. Sebab, menurut artikel yang pernah saya baca di forum konsultasi anak online, kesehatan gigi merupakan awal dari kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kenapa? Karena gigi yang sehat akan memudahkan si Kecil mengunyah makanan dengan maksimal, sehingga proses cerna makanan dalam tubuh bisa berlangsung lebih baik lagi. 

Namun, menurut artikel di forum konsultasi kesehatan anak itu pula, menjaga kesehatan gigi si Kecil tak cukup hanya dengan rutin menggosok gigi. Supaya bisa tumbuh kuat, gigi si Kecil juga perlu nutrisi. Nah, nutrisi untuk gigi si Kecil ini terdapat pada beberapa makanan berikut. Cari tahu yuk, Bu!

1. Keju
Kandungan Kalsium, Vitamin D, dan Fosfat pada keju mampu menjaga keseimbangan kadar pH di dalam mulut si Kecil. Hasilnya, tingkat keasaman dalam mulut akan berkurang sehingga risiko kerusakan gigi pun menurun. Hal ini tentu baik untuk perkembangan balita, Bu.

Kalsium pada keju juga memiliki manfaat tersendiri untuk gigi si Kecil. Kalsium akan memperkuat gigi dari dalam sehingga tidak mudah keropos.

2. Bayam
Sayuran hijau yang satu ini termasuk salah satu asupan yang banyak disarankan untuk dikonsumsi si Kecil di berbagai forum konsultasi kesehatan anak online. Sebab, kandungan senyawa alami di dalamnya seperti Zat Besi dan Antioksidan memang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh si Kecil dan menyehatkan organ penglihatannya.

Namun, tak hanya itu lho manfaat yang akan si Kecil dapatkan bila ia rutin mengonsumsi bayam. Dengan kandungan Beta Karoten di dalamnya, sayuran hijau ini juga akan membantu gigi si Kecil makin sehat dan kuat. Sebab, senyawa ini membantu memperkuat lapisan enamel pada gigi, sehingga si Kecil terhindar dari masalah gigi sensitif.

3. Apel
Apel juga termasuk salah satu asupan terbaik untuk gigi si Kecil, Bu. Dengan teksturnya yang padat, buah ini akan menimbulkan efek menyikat pada gigi tiap kali si Kecil menggigit maupun mengunyahnya. Di samping itu, saat apel dikunyah, terjadi proses pembebasan Asam Malat pada mulut. Asam Malat ini berguna untuk menghancurkan lapisan yang bisa membuat gigi tampak kusam. Selain apel, wortel dan seledri juga memiliki efek yang sama terhadap kesehatan gigi si Kecil, lho.

4. Nanas
Si kuning yang satu ini juga termasuk salah satu buah terbaik untuk membantu menjaga kesehatan gigi si Kecil, menurut artikel di forum konsultasi anak online itu. Alasannya, nanas mengandung enzim Bromelain yang berperan sebagai penghilang noda secara alami dan bisa membantu menghancurkan plak pada gigi si Kecil. Nanas juga mampu memicu produksi air liur sehingga pH mulut sennatiasa terjaga.

Nah, itulah empat makanan alami yang bisa membantu Ibu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi si Kecil. Mulai sekarang, yuk rutin berikan keempat makanan tadi pada si Kecil, Bu. Supaya upaya Ibu dalam menjaga kesehatan gigi si Kecil lebih optimal, ajak juga si Kecil melakukan konsultasi anak ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.