Share Like
Simpan

Halo, Bu! Apakah Ibu pernah mendengar tentang baby spa? Ya, sebenarnya baby spa atau yang juga disebut baby massage ini hampir sama dengan pijat bayi. Namun, ada beberapa tahap yang membedakannya, misalnya ada sesi berendam di kolam.

Saya pertama kali mendengar tentang baby spa dari kelompok arisan saya, Bu. Ternyata, tren ini sedang populer di kalangan para ibu selebriti, lho. Ini karena baby spa memiliki kegunaan sendiri bagi si Kecil. Serangkaian pijatan pada tubuh si Kecil dapat memberikan efek rileks, meningkatkan kualitas tidur, dan juga dapat melancarkan peredaran darah si Kecil, Bu.

Wah, dari penjelasan teman arisan saya tersebut, saya pun dulu jadi tertarik untuk mencobanya. Namun, baby spa kan biasanya bisa dilakukan di salon khusus. Apa ada alternatif lainnya, ya?

Nah, setelah mencari info lebih lanjut,ternyata kita juga bisa melakukan baby spa di rumah lho, Bu. Caranya? Berdasarkan tips dari teman-teman yang pernah mencobanya, berikut ini saya ulas empat cara mudah melakukan baby spa di rumah.

 

1. Ciptakan suasana tenang dan rileks

Tahap ini sangat penting untuk membangkitkan mood si Kecil. Ibu bisa meredupkan cahaya lampu, menutup gorden, dan memasang lagu yang menenangkan untuk menciptakan suasana tenang. Akan lebih baik jika Ibu memasang lilin aroma terapi. Selain dapat menciptakan suasana redup dan tenang, aroma terapi dapat membantu si Kecil lebih rileks.

 

2. Berendam  

Baby spa tidak harus menggunakan kolam khusus, kok. Di rumah, Ibu juga bisa memanfaatkan bath tub di kamar mandi yang diisi dengan air hangat. Kemudian, pakaikan si Kecil pelampung leher khusus lalu biarkan ia bergerak bebas di dalam air, tapi jangan lupa untuk terus memeganginya. Lakukan ritual berenang ini selama sekitar 10 menit.

Biasanya, bayi yang belum terbiasa akan merasa takut dan menangis. Jika demikian, celupkan si Kecil perlahan-lahan hingga ia beradaptasi dan merasa tenang. Ritual mandi sekaligus berenang ini sangat berguna untuk meregangkan otot si Kecil dan membersihkan sel-sel kulit mati.

 

3. Pijat 

Sebagai permulaan pada tahap ini, Ibu dapat menggunakan minyak bayi maupun minyak telon. Posisikan si Kecil secara telentang. Awali pijatan pada kaki, mulailah memijat dari bagian paha hingga telapak kaki. Selanjutnya, lakukan pijatan pada tangan, mulailah memijat dari bagian ketiak hingga ujung jari tangan. Putar pergelangan tangannya searah jarum jam secara perlahan.

Lanjutkan dengan pijatan di area dada. Saat memijat, buat gerakan melingkar dengan kedua tangan. Pijat secara lembut hingga ke area paha. Terakhir, posisikan si Kecil secara telungkup. Pijat bagian bahu, punggung, hingga ke ujung kaki.

 

4. Tahap terakhir 

Rebahkan si Kecil seperti posisi semula. Sambil memakaikannya baju, Ibu dapat mengajaknya bercanda atau bermain Cilukba. Setelah melakukan serangkaian tahap di atas, menimang sambil menyusui si Kecil dapat menjadi tahap akhir yang akan membuatnya tidur dengan nyaman.

Mudah kan, Bu? Nah, sebelum melakukan rangkaian baby spa, pastikan si Kecil tidak lapar dan mengantuk karena akan membuatnya rewel. Ibu juga perlu untuk terus mengajaknya mengobrol dan bercanda supaya ada keterikatan antara Ibu dan si Kecil.

 

Pada umumnya, bayi yang belum pernah dipijat sama sekali akan merasa takut dan tidak nyaman. Oleh sebab itu, cobalah untuk memulainya perlahan-lahan sambil terus berkomunikasi dengannya. Jika si Kecil tetap menangis, sebaiknya jangan dipaksakan karena akan membuatnya trauma pada baby spa.

Bagaimana Bu, tertarik untuk mencoba baby spa untuk si Kecil? Selamat mempraktekkan tips saya di rumah, Bu!