Share Like
Simpan

Seiring pertumbuhan si Kecil melewati usia enam bulan, di samping tetap memberikan ASI sebagai asupan utama untuknya, Ibu juga disarankan untuk mulai menyediakan MPASI (makanan pendamping ASI) untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya. Namun, penting diingat, selain harus bergizi, makanan pendamping yang Ibu berikan juga harus variatif agar ia tak mudah bosan. Terkait hal ini, Ibu dapat mencoba variasi menu MPASI dengan buah blewah.

Bertepatan dengan momen Ramadan seperti saat ini, Saya memasukkan blewah ke menu MPASI si Kecil, mengingat buah ini biasanya cukup mudah didapatkan saat Ramadan. Selain itu, berdasarkan salah satu artikel yang saya baca di forum konsultasi kesehatan anak, buah blewah ini tinggi kandungan Vitamin A, C, dan K, Asam Folat, Magnesium, Fosfor, dan zat penting lain yang dibutuhkan si Kecil untuk mendukungnya tumbuh sehat.Tak berhenti sampai di situ, blewah juga memiliki beberapa manfaat untuk si Kecil, di antaranya:

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Mengandung Vitamin C mencapai 36,7 mg di tiap 100 gramnya, buah yang satu ini mampu mencukupi kebutuhan harian tubuh akan Vitamin C hingga 61 persen, Bu. Dengan kadar Vitamin C yang tinggi ini, blewah dapat meningkatkan produksi sel darah putih di tubuh, sehingga sistem imun mampu bekerja lebih baik untuk melindungi tubuh dari penyakit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ibu tentu tahu bahwa menjemur si Kecil di bawah hangatnya sinar mentari pagi dianjurkan agar tulangnya tumbuh kuat dan sehat. Namun, menurut info yang saya dapat dari forum konsultasi kesehatan anak , paparan radiasi sinar UV dari matahari secara berlebihan ternyata tidak baik untuk mata si Kecil, Bu. 

Untungnya, dengan kandungan Zea-xanthin, blewah dapat membantu menjaga kesehatan mata si Kecil. Zea-xanthin adalah senyawa alami pada sayur dan buah-buahan yang mampu meminimalisir efek radiasi sinar UV pada mata. Jadi, mata si Kecil dapat tetap terjaga saat diajak menikmati hangatnya sinar matahari pagi.

3. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat lain buah blewah yang juga disebutkan pada artikel di forum konsultasi kesehatan anak yang saya baca adalah menyehatkan sistem pencernaan si Kecil karena buah ini merupakan sumber serat alami yang baik serta kaya kandungan air, Bu. Dengan kata lain, blewah sebagai variasi menu MPASI dapat mencegah si Kecil dari dehidrasi dan sembelit sekaligus, Bu.

Nah, itulah tiga keuntungan yang bisa didapatkan bila memanfaatkan blewah sebagai salah satu variasi menu MPASI si Kecil. Selamat mencoba, Bu.