Share Like
Simpan

Informasi seputar stunting yang ternyata bisa terjadi sejak si Kecil di dalam kandungan tentu membuat Ibu khawatir, ya. Bagaimana bila tumbuh kembang si Kecil kurang optimal, ia sulit belajar di sekolah, dan mengalami kesulitan lainnya setelah lahir kelak? Mungkin beberapa pertanyaan ini sempat terlintas di pikiran Ibu. Kabar baiknya, akibat gizi buruk pada anak ini bisa dicegah, Bu. Bagaimana caranya? Simak informasi yang saya dapatkan dari berbagai artikel kehamilan berikut ini, ya.

1. Optimalkan Asupan Nutrisi Selama Hamil

Ketika Ibu sedang menjalani program kehamilan atau sudah dinyatakan hamil oleh dokter kandungan, sebaiknya Ibu mulai mengoptimalkan nutrisi yang dikonsumsi. Harapannya, tumbuh kembang janin sesuai dengan usianya, termasuk organ tubuh, berat, dan tingginya. Nah, menurut rekomendasi dokter, mengoptimalkan asupan nutrisi bagi si Kecil sebaiknya dilakukan di seribu hari pertama kehidupannya, yaitu sejak di dalam kandungan sampai ia mencapai usia dua tahun. Oleh sebab itu, sejak awal kehamilan, Ibu bisa mulai rutin meminum Frisian Flag Mama. Mengandung Protein, Asam Folat, Serat Pangan, dan Kalsium, susu Frisian Flag Mama membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan si Kecil dalam kandungan dan setelah lahir. 

2. Rutin Konsumsi Zat Besi

Tahukah Ibu, salah satu penyebab gangguan pertumbuhan anak ialah kekurangan zat besi sejak masa kehamilan? Oleh karena itu, Ibu bisa menambah porsi makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, daging sapi, dan sebagainya. Konsultasikan kepada dokter mengenai hal ini agar Ibu mendapat asupan zat besi yang cukup, ya. Apabila diperlukan, dokter kandungan Ibu akan merekomendasikan suplemen zat besi untuk dikonsumsi sehari-hari.

3. Perbaiki Gaya Hidup

Bagaimana gaya hidup Ibu sebelum hamil? Apabila Ibu memiliki kebiasaan buruk, seperti merokok, meminum alkohol, atau melakukan gaya hidup tak sehat lainnya, sebaiknya mulai dihentikan ya, Bu. Hal ini bisa berpengaruh kepada si Kecil di dalam kandungan, lho. Apalagi, apapun asupan yang masuk ke dalam tubuh Ibu, akan ikut diserap oleh si Kecil, baik itu positif maupun negatif.


4. Jaga Kebersihan Lingkungan

Tak hanya menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh, Ibu juga perlu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar. Umumnya, daya tahan Ibu hamil menurun, sehingga rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Apabila lingkungan Ibu bersih dan sehat, risiko terserang berbagai penyakit juga ikut berkurang bukan?

Itu dia empat hal yang bisa Ibu lakukan untuk mencegah stunting sejak dini. Selain melakukan pencegahan seperti yang saya paparkan di atas, Ibu juga bisa mencari informasi lebih lanjut agar mengenal stunting lebih dalam sehingga mengetahui dampak stunting bagi si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa mencegah gizi buruk pada anak.