Share Like
Simpan

Hari-hari pertama masuk sekolah atau taman bermain mungkin menjadi hal paling dinanti si Kecil belakangan ini. Ibu juga pasti tak kalah bersemangat, ya. Di hari pertama sekolah si Kecil dulu, ia bercerita bahwa ia bersemangat sekaligus takut. Ia khawatir tak mendapat teman, kesulitan belajar, dan sebagainya. Apakah si Kecil di rumah juga mengalami hal serupa?

Untuk mengatasi anak penakut karena hal tersebut memang membutuhkan waktu dan dilakukan perlahan. Namun, menunggunya seharian di sekolah bukanlah solusi yang tepat. Agar si Kecil tetap tenang saat ditinggal di sekolah, Ibu bisa melakukan beberapa hal berikut ini. 

  • Temukan Kesukaan si Kecil di Sekolah Baru
  • Pinta Keterlibatan Guru
  • Kurangi Kebiasaan Mengintip

Apakah hobi si Kecil, Bu? Tahukah Ibu, hobi si Kecil bisa menjadi solusi menenangkan anak penakut di hari-hari pertama sekolah, lho! Misalnya, jika si Kecil hobi menari atau menyanyi, Ibu bisa mengatakan bahwa ia bisa menari dan menyanyi di sekolahnya nanti. Apalagi, ia bisa melakukan hobi tersebut bersama teman-teman. Pasti tak kalah menyenangkan dibanding melakukannya di rumah. Ketika si Kecil mulai asyik dengan kegiatannya di sekolah, Ibu bisa dengan tenang meninggalkan si Kecil sampai waktu pulang sekolah tiba.          

Idealnya, seorang guru bersifat penyayang, sabar, bahkan bisa menghadapi murid-muridnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Ibu berkenalan dengan guru si Kecil. Dengan begitu, Ibu dan guru bisa saling membantu agar si Kecil bisa menghadapi materi sekolah dan lingkungannya dengan baik. Ibu juga bisa menginfokan kesukaan maupun kebiasaan si Kecil agar guru tersebut bisa menghadapi si Kecil dengan baik.

Bila Ibu ingin si Kecil berani ditinggal di sekolah, kurangi kebiasaan mengintipnya dari jendela atau pintu kelas ketika kegiatan belajar-mengajar berlangsung. Jika Ibu sering melakukannya, si Kecil malah akan lebih sering mencari Ibu, sehingga proses sosialisasi anak dengan teman sekelasnya pun kurang optimal. Saat berpisah, cukup peluk si Kecil dan katakan sampai jumpa. Biasakan untuk melakukan ini dengan tegas dan teratur setiap harinya agar si Kecil terbiasa ya, Bu.

 

Mengatasi anak penakut di sekolah karena khawatir tentang lingkungan baru memang perlu dilakukan perlahan, Bu. Namun, jika Ibu melakukannya dengan konsisten, Ibu tak perlu khawatir meninggalkan si Kecil di sekolah tanpa pengawasan, ya. Peran tersebut akan dilakukan oleh guru pengajarnya. Jadi, semangat mengajak si Kecil beradaptasi di sekolah baru, Bu!