Share Like
Simpan

Apakah yang mendukung kesehatan balita selain makanannya, Bu? Kesehatan balita umumnya tak hanya didukung dengan pemenuhan nutrisi yang cukup, melainkan juga aspek lain di sekitarnya seperti lingkungan dan pola hidup bersih. Untuk membiasakan pola hidup bersih yang mendukung kesehatan balita, Ibu bisa mulai mengajarkannya untuk pipis dan buang air besar di toilet.

Ibu bisa mulai memperkenalkan kebiasaan baik ini pada si Kecil sejak usia 18 bulan, namun baru melakukan praktiknya saat ia menginjak usia 2 hingga 4 tahun . Apabila Ibu masih bingung bagaimana cara memperkenalkan kebiasaan menggunakan toilet yang dapat membantu mengoptimalkan kesehatan balita, yuk simak kiatnya berikut ini:

  1. Kenali Waktu yang Tepat untuk Mengenalkannya

    Terkadang memang tak mudah untuk langsung mengajak si Kecil menggunakan toilet jika tidak diperkenalkan dan dibiasakan terlebih dahulu secara perlahan. Untuk mengenalkannya pun Ibu harus pandai-pandai melihat tanda kesiapan si Kecil, lho. Nah, bagaimana mengetahui kesiapan si Kecil itu, Bu?

    • Jika si Kecil menunjukkan minat dan rasa ingin tahunya tentang toilet, itu artinya Ibu sudah bisa mengajarkan cara pipis dan buang air besar yang benar.
    • Apabila si Kecil sudah memiliki intensitas buang air kecil dan besar, yang teratur dan memiliki inisiatif untuk pergi ke ruangan lain saat hendak pipis, maka ini saat yang tepat untuk memperkenalkan kebiasaan menggunakan toilet kepadanya.
    • Saat si Kecil sudah bisa menyampaikan keinginannya sekaligus memahami dan mengikuti instruksi-instruksi sederhana dari Ibu (misalnya bisa mengatakan jika ingin ke kamar mandi), ini adalah waktu yang baik untuk mengajarkannya menggunakan toilet.
  2. Membantu Menggunakan Toilet

    Setelah Ibu mengenali bahwa si Kecil cukup siap untuk menggunakan toilet, kini saatnya membantunya untuk pertama kali. Inilah beberapa hal yang harus Ibu lakukan:

    • Mulailah dengan membantu si Kecil mengenali kapan waktunya buang air kecil atau buang air besar. Ibu dapat menggunakan kata-kata yang lebih akrab dan sederhana agar ia memahaminya.
    • Katakan padanya jika Ibu juga ingin ke toilet agar si Kecil mengikuti. Biasanya, anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya.
    • Perlihatkan padanya cara menggunakan toilet dengan benar, mulai dari posisi duduk hingga menyiram air.
    • Dampingi si Kecil di dalam toilet. Sebaiknya Ibu tak membiarkan begitu saja si Kecil menggunakan toilet karena bisa saja ia terjatuh atau terpeleset.

Kesehatan balita yang optimal dimulai dari aktivitas dan kebiasaan yang sehat, termasuk dalam hal menggunakan toilet dengan baik dan benar. Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk mengajari si Kecil memakai toilet saat pipis dan buang air besar ya, Bu!