Hai Bunda, daftar disini

Wiwin Wiwin

Wiwin Wiwin

Umum

Bagaimana supaya anak mandiri dan percaya diri?

dear mba Ita.....

saya mamanya reishel 4 thn,saya ingin tanya kenapa ya akhir2 ini sekitar 1 bulan ini reishel agak sensitif mudah nangis,dan suka membantah/melawan,sering merajuk jg,sebelumnya sangat mandiri,saya memang bekerja berangkat jam 6 pagi,nyampe rumah lg jam 6 sore,biasanya kalau saya berangkat kerja dia tidak pernah nangis,sekarang ini selalu nangis kalau saya kerja,saya tanya dia bilang mama ga usah kerja,reishel mau sama mama,trus kalau melakukan aktifitas biasanya bisa sendiri seperti ke toilet ,sikat gigi atau pakai baju sekarang harus sama mama.
Mba Ita kenapa ya bisa seperti itu? saya harus bagaimana bersikap thd reishel?
Saya perhatikan juga reishel sperti kurang percaya diri,kalau ketemu org ditanya ga mau jawab atau malu2,terutama kalau ada saya karena gurunya bilang reishel tidak seperti itu d kelas.Bagaimana caranya supaya anak percaya diri dan berani bicara?

tks,
wiwin,mamanya reishel

Pakar Menjawab

Efriyani Djuwita

Efriyani Djuwita

halo bunda Wiwin.
Perubahan perilaku si kecil bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama adalah perubahan pada karakteristik anak. Pada usia 4 tahun si kecil berada pada early childhood dimana ia semakin sadar akan penilaian lingkungan dan memiliki kebutuhan untuk berteman. Namun untuk melakukan hal tersebut, ada anak anak yang memang membutuhkan waktu yg tidak sebentar terutama jika ia tidak terbiasa berlatih sosialisasi. Faktor lain adalah faktor perubahan yang terjadi di lingkungan.Jika sebelumnya Reishel tidak menunjukkan perilaku yang bunda keluhkan, mungkin ada baiknya bunda memperhatikan apakah ada perubahan yang terjadi di lingkungan. Apakah ia memasuki lingkungan baru, teman baru ataupun kondisi di keluarga yang berbeda daripada sebelumnya. Untuk membantu si kecil yang saat ini, cobalah untuk memberikan perhatian saat si kecil tidak menunjukkan perilaku mengambek ataupun merajuk. Luangkan waktu spesial untuk si kecil setiap hari. buat aktivitas khusus yang ia sukai dilakukan bersama anda. Untuk membantunya lebih percaya diri di lingkungan, cobalah untuk melatihnya bertemu dengan anak lain dan ajarkan ia setahap demi tahap dalam berinteraksi dengan anak lain. Mulai dari mengajak tersenyum, menyapa atau berkenalan sampai berbagi mainan. Ingat bahwa tidak semua anak mudah untuk beradaptasi, oleh karena itu bersabarlah dan hargai setiap usaha si kecil dalam melakukannya.

Salam