Hai Bunda, daftar disini

Tri Dewi Wijaya

Tri Dewi Wijaya

Umum

Anak gagap

Dear dokter,
Anak saya Winy sekarang hampir 3 tahun (2,8 bulan). Saat ini sudah banyak kosakata yang dimengerti dan bisa diucapkan. Bahasa yang saya ajarkan pertama kali adalah bahasa ibu yang dipakai di rumah yaitu bahasa khek tionghoa. Winy sudah bisa mengucapkan dalam satu kalimat atau bertanya menggunakan bahasa tersebut. Winy juga termasuk anak "cerewet" karena apa saja bisa dikomentari,dan sekarang Winy sudah mulai belajar bahasa Indonesia juga. Dalam belajar bahasa Indonesia, Winy bisa belajar dengan cepat karena sepupu dan juga pengaruh tayangan televisi yang berbahasa Indonesia.
Yang menganggu saat ini adalah Winy sering mengulang kata yang sama beberapa kali sebelum kata berikutnya. Mis: Winy mau mau mau pergi ke mall (dalam bahasa ibu). Apakah hal ini wajar dok? untuk bahasa Indonesia masih belum ada gangguan seperti ini karena memang jarang digunakan Winy. Apakah hal ini dikategorikan gagap atau wajar mengingat Winy masih belajar bicara?
Terima Kasih.

Pakar Menjawab

Rini Sekartini

Rini Sekartini

Dear Ibu Tri Dewi Wijaya,

Ibu, dari cerita ibu mengenai kebiasaan bicara anak ibu, sepertinya ada gejala ke arah gagap atau stutering untuk beberapa kata yg diucapkan.
Harus dicari tau penyebabnya, biasanya karena ada faktor pencetus, misalnya cemas atau terganggu dengan lingkungan di sekitar anak. Untuk membantu mengatasi masalah ini, coba berikan pengertian pada anak untuk bicara perlahan-lahan saja, tidak usah buru-buru.
Pada lingkungan batu, sering ditemukan gejala seperti ini. Jadi ibu coba cari faktor pencetusnya.