Hai Bunda, daftar disini

Novi Gian Lianawati

Novi Gian Lianawati

Umum

usia mulai masuk sekolah

saya barusan membaca artikel tentang memilih pre-shool.lalu saya terpikir pada usia berapa sebaiknya anak mulai dimasukkan ke sekolah?karena saat ini kadang ada orang tua yang mau praktisnya aja.tidak mau repot mengurus anak lalu dimasukkan ke sekolah aja.padahal kalo masih kecil terus udah disekolahin kan kasihan juga.minta jawabannya ya FF..................

Komentar
7 Komentar
Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

selamat ya...

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

wah,seneng dounk anaknya mau sekolah.selamat ya,bunda

ENDAH TRI WAHYUNI HERLAMBANG
ENDAH TRI WAHYUNI HERLAMBANG -

anak saya laki2 umur 2 th9 bln juga kadang dh minta sekolah, akhirnya sy iktkan k TK dekat rumah tapi tidak tiap hari sesuai keinginan anak, dengan pertimbangan saya bekerja semua sampai jm2 siang bahkan kadang lebih. Saya khwatir kalo di rumah hany dengan nenek stimulusnya kurang. Dengan bgitu anak saya tiap hari pnya cerita baru dari sekolahnya.

MUSTIKA DEWI
MUSTIKA DEWI -

anak saya ( 3 thn 1 bln ) ingin sekali sekolah dan saya juga udah ingin dia sekolah (PAUD), karena saya bekerja jadi tdk ada yang nganternya ke sekolah,,pernah kakak saya menyarankan agar anak saya mengikuti PAUD di dekat rumahnya dan Beliau yang akan mengantarkan anak saya akan tetapi anak saya nggak mau dan hanya mau dianter sama saya atau dengan pengasuhnya.
Dan akhirnya saya beserta suami berdiskusi lebih baik anak saya sekolah TK islam tahun depan

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

sharing saja, anak perempuan saya yg pertama (skr 4.5th, TKB) saya ikutkan PAUD (seminggu 1x) pd usia kurang dr 3th, dengan pertimbangan spy bisa lebih bnyk berinteraksi dgn anak seusianya dan dilihat dari sisi anaknya, kebetulan anak saya memang sudah berkeinginan untuk sekolah.
Sedangkan anak kedua saya (laki2, skr 3th), krn saya skr bekerja saya ingin ikutsertakan di PAUD juga, namun karena anaknya memang belum mau ya saya tidak memaksa, saya hanya stimulasi di rumah saja.

Jadi saya sangat setuju sekali dgn jawaban pakar bahwa tidak ada batasan kpn hrs mulai menyekolahkan anak... yg paling penting adalah anak tidak merasa terpaksa.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Ada banyak pertimbangan kapan anak mulai sekolah, jangan dipukul rata kepada semua anak, harus dilihat kasusnya masing2. Sekolah di usia dini sebetulnya tak terlalu berkaitan dengan 'nanti anak bosan sekolah' ataupun 'ortu yg malas' atau 'biar lebih cepat siap sekolah'. Saya menyarankan anak disekolahkan sedini mungkin jika:
1. Kedua ortu bekerja, anak hanya sendiri bersama Mbak yg belum tentu bisa dipercaya. Sekolah demi alasan keamanan anak. Guru juga bisa memperingatkan ortu apabila ada perubahan tak wajar yg dialami anak (yg mungkin tak diperhatikan ortu), mis anak yg biasa aktif sekarang pasif, mungkin sakit atau habis jatuh (dan si Mbak gak kasih tau ortu!)
2. Pengasuh bisa dipercaya (soal keamanan beres), tapi dia tak mengerti cara menstimulasi anak. Padahal perkembangan otak anak usia dini alias 'golden age' amat sangat pesat, sehingga jika tak distimulasi, perkembangannya kelak akan tak optimal. Artinya sekolah demi alasan stimulasi yang tepat.
3. Ortu tak punya pengalaman sama sekali mengasuh anak, sehingga tak tahu anaknya normal atau tidak. Guru bisa memberitahu apakah anak relatif sama dengan anak lain (normal) atau beda sekali, dgn kata lain 'deteksi dini gangguan psikologis'.

Anak tak perlu disekolahkan (maksudnya baru mulai TK aja sekolahnya) kalau:
1. Ada ortu yg tak bekerja, sehingga bisa menemani anak. Ortu ini juga mengetahui tentang cara tepat untuk menstimulasi anak, supaya tak ketinggalan 'golden age' itu.
2. Aktivitas di rumah dan di luar rumah dirasa sudah cukup buat anak, cukup menguras energi dan cukup menantang perkembangan otaknya.

Jangan menyekolahkan anak dengan alasan gengsi ortu. Kalau sekadar ortu malas, menurut saya sih masih lebih baik anaknya disekolahkan, setidaknya anak tetap mendapat stimulasi daripada rugi karena kemalasan ortu. Tapi memang, biasanya anak ini akan punya masalah psikologis yg lain gara2 kemalasan ortu.

Soal bergaul, memang bagus juga bahwa anak punya stimulasi untuk bergaul di sekolah. Tapi kalau itu bisa ditawarkan di rumah, tak harus sekolah kok.

Semoga cukup menjawab, Bunda.

Nelfira Permadi
Nelfira Permadi -

sama,,anak saya (2,5 thn) dah ngebet banget sekolah,,secara ya,,,TK ada dibelakang rumah...
mgkin lebih baik anak masuk lebih telat dikit daripada buru-buru tapi ke depannya bermasalah di sekolah. Biarkanlah anak puas dulu bermain di usia bermainnya ini, nanti kan pada saatnya dia beneran "harus" sekolah dan belajar, dia bisa belajar maksimal dan ga keburu "capek" di tengah jalan karena energinya dah keburu habis di awal. Supaya dia juga gak "ngutang" masa bermain di masa sekolahnya nanti bund....hehe