Hai Bunda, daftar disini

ERVINA YULI CHANDRA

ERVINA YULI CHANDRA

Umum

usia berapa normalnya balita bisa ngomong ?

skrg ni putra usianya 15 bln.dia sdh lancar berjalan,tapi utk ngomong dia hnya bs ngomong bahasa tarzan dan tdk tll jelas.pdhl sy sll melatihnya utk bicara.nah bunda,sbnrnya usia brp sih anak bs mengatakan satu / dua patah kata?trm ks utk jawabannya.

Komentar
9 Komentar
Indira Herwinza
Indira Herwinza -

tergantung anaknya jg bun...tiap anak punya keunikan sendiri2x....anak bunda laki2x ya.... ktnya sih kalo anak laki2x mmg agak lbh lambat bicaranya dibanding anak perempuan...tp msh wajar koq bun kalo msh usia 15 bulan...trs dilatih aja bun....

Ana Fey
Ana Fey -

tiap anak beda2 bunda, ada yg cpt tp ada jg yg lama. ada yg jalan dulu baru ngomong tp bs jg sebaliknya. ada juga yg barengan lo bun, seperti putri saya. alhamdulillah masuk usia 1 th bs jalan+ngomong tp blm smpurna. masuk usia 15bln dia udah byk kosakata dan sudah mulai bisa bernyayi beberapa lagu.
tapi bunda ga perlu kwatir, asal bunda sering ajak anak berbicara (walau kadang dia tidak mendengarkan) tp ttp aja bun ajak dia berkomunikasi terus. nanti lama kelamaan dia psti bisa, karena anak2 pada dasarnya mendengarkan cuma dia blm bisa fokus.

Ni Luh Putu Septiani
Ni Luh Putu Septiani -

Tenang aja bun...
adik sy dulu jg begitu, jalan duluan bisa daripada ngomong tp akhirnya udah umur 2 tahun dia udah lancar ngomongnya. kalau anak sy br umur 1 tahun tp udah bisa ngomong kata2 yang pendek. sering2 diajak ngobrol aja anaknya biar dia ngerti dgn omongan kita.

Mazdalena Pasaribu
Mazdalena Pasaribu -

Bunda,, gak usah risau setiap anak beda2 perkembangannya yang terpenting adlh bunda jgn ikut2an bahasa tarzan juga klu diajak ngomong ma buah hatinya OK BUN ....

Fitri Nurlela
Fitri Nurlela -

Yah..bunda.....namanya jg anak2..pasti bahasa seperti itu dan ga semua orang (anak2)sama ada yang lebih menonjol keBISAANYA..jd wajar saja mungkin anak bunda ddhulukan jalan dulu..pasti kalau udah saatnya anak bunda cerewet banget..hehe..sabar ya bund..yang penting sering diajak bicara saja ga harus dia ngikutin yang penting bunda ada rasa percaya diri terhadap anak bunda mengerti maksud pembicaraan bunda..tetep berusaha ya bund...!!

Yulia Mulyana
Yulia Mulyana -

anak laki laki kemampuan verbalnya muncul lebih lambat jika dibandingkan dengan anak perempuan. secara alamiah akan berkembang dengan sendirinya bun, kita cuman bisa merangsangnya aja. sering diajak ngobrol dengan cara pelan dan jelas...mulut kita harus telihat mangap, monyong, nyengir gitu deh. si kecil juga geli sendiri lihat bunda ngomong kaya begitu, tapi dia akan belajar. biasnya untuk anak laki laki di usia 24 masih belum jelas ngomongnya masih wajar ko bun. setelah lepas 2 taun, rata rata ngomongnya udah bagus. ada juga anak laki laki yang udah bisa ngomong sejak 15 bulan bahkan kurang dari itu...tapi biasanya jalannya agak lambat. contoh syaffa...dia baru bisa jalan bener di usia 15 bulan, tapi sejak usia 13 bulan ngomongnya udah bisa dipahami. tapi ponakan saya, udah 21 bulan ngomongnya masih a i u aja...tapi dia udah jalan sejak 11 bulan. tenang aja bun, nanti juga udah saatnya pasti pinter sendiri.

Shinta Theresia
Shinta Theresia -

Iya bun gpp, kadang anak bisa jalan dulu baru bisa ngomong, ada juga yang telat jalannya tapi udah cerewet..sering2 diajak ngomong aja bun, nanti juga cepat bisanya

Hera W
Hera W -

Dilatih terus dengan bercerita aja Bunda. Mungkin dia masih mengoceh dengan bubbling, tp itu pertanda dia mau belajar dengan sungguh. Bunda jangan kuatir kalau apa yg Bunda ceritakan tdk bisa ditangkapnya. Biarkan ia menerima banyak kosakata dengan contoh yg ia lihat, insyaAllah dia lebih mudah terangsang.
Anak saya sudah jelas pengucapannya 18 bl dan 2 tahu sudah bisa merangkai kata.

Erni Rahmawati
Erni Rahmawati -

Gpp,ko bun...
Biasanya klo anak kan kadang ada yang bisa jalan dulu,tumbuh gigi dulu,kadang ada yang ngoceh dulu.
Tergantung bun,yang sering-sering z bunda nyalain VCDnya baba nanti dia pasti ngikutin bun.