Hai Bunda, daftar disini

Nanang Siswanto

Nanang Siswanto

Umum

tips anak cepat ngomong

anak saya laki laki sudah berumur 1 tahun 7 bulan, tapi kosakata pembicaraannya masih terbatas. meskipun ketika kami berbicara dengan dia, dia mengerti apa yang kami bicarakan, namun belum bisa menimpali dengan kata kata. apakah ada yang punya tips agar si kecil cepet ngomong?umur setahun sudah bisa jalan, dan tidak ada masalah dengan kesehatannya. makasih ya

Komentar
10 Komentar
Ayu Ardiana
Ayu Ardiana -

sering diajak ngobroll.

Watri Watri
Watri Watri -

biasakan kita untuk selalu mengajak anak berbicara walaupun kdng kt sprti orang gila tp se ank akn merekam ap yg kita bicarakn

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Pak Nanang Siswanto, eh bener kan, moga-moga saya tak salah menyapa (soalnya tak ada fotonya, jadi ragu mau menyapa Bunda apa Ayah). Sebetulnya masih wajar kok kalau anak 1 tahun 7 bulan kosa katanya masih terbatas, asalkan sudah ada kata pertama yang dia ucapkan. Bagus sekali kalau dia terlihat sudah mengerti apa yang dibicarakan, termasuk juga bisa menjalankan apa yang diminta (misalnya ayo kita berdiri, atau minum susu yuk).

Ada banyak sekali tips supaya anak bisa cepat belajar bicara. Yang pertama, tentu saja dia harus memahami banyak kata. Ini bisa dicapai lewat mengajaknya mengobrol, membacakan dongeng, menceritakan apa yang sedang Anda lakukan, dll. Usahakan anak melihat benda kongkritnya agar betul-betul ’nyambung’ dengan kata-kata yang diucapkan. Katakan dengan kalimat yang jelas, dengan cara bicara seperti kita bicara pada orang dewasa lain namun dengan kata-kata yang sederhana, jangan ’baby talk’. Lebih baik Ayah katakan, ”Yuk, kita main bola di luar rumah saja, kalau di dalam, nanti gelasnya tersenggol,” daripada, ”Main boya keyua yuk, bial geyas gak kecenggol.” Boleh sesekali ’mengetes’ anak, misalnya meminta anak melakukan sesuatu, apakah dia mengerti atau tidak. Semakin banyak yang dia pahami instruksinya, artinya dia sudah semakin siap untuk bicara.

Yang kedua, setelah memahami, tentu saja dia harus mulai mencoba. Cara utamanya adalah meminta anak mengatakan sebelum ia mendapat apa yang dia mau. Misalnya kita menyembunyikan bolanya, lalu anak ingin minta, anak diminta dulu bilang ’bola’, baru kalau sudah berusaha bilang, nanti kita beri bolanya. Mungkin di awal usahanya adalah ’la’ atau ’boa’, tak apa. Nantinya kalau sudah cukup jago, anak boleh dituntut berikan kalimat lebih panjang, misalnya, ”Yah, bola dong,” atau, ”Ayah, minta tolong dong ambilkan bola yang di atas lemari itu.”

Makanan perlu dicek juga. Kalau dia sudah makan makanan padat sesuai umurnya (harusnya sekarang sudah bisa nasi dan lauk pauk keluarga, tidak ada lagi yang perlu dihaluskan), otot bicaranya sudah lebih terlatih. Latihan lain yang bisa dilakukan adalah belajar meniup balon dari air busa, meniup lilin, meniup gulungan tisu, menyedot dengan sedotan yang berliku2, dll. Ini semua untuk menstimulasi otot bicaranya.

Selamat mencoba! Nanti kalau ada hasilnya, silahkan dibagi lagi pengalamannya!

Susiyati Idris
Susiyati Idris -

Ajak bicara dengan kata - kata yang jelas, jadi ketika dia mulai berbicara kata - kata yang ia ucapkan tidak salah.

Nanang Siswanto
Nanang Siswanto -

thanks ya atas tips tips nya, akan coba saya terapkan. kalau malam, kami juga mengusahakan untuk mengajak bernyanyi bersama. dan lucunya, dia juga bisa memutuskan lagu mana yang dia suka dan mana yang tidak. semoga jadi lebih baik perkembangannya

Helnih Helnih
Helnih Helnih -

setiap saat selalu di ajak bicara & sebelum tidur baca kan cerita atau dongeng.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

sebagai orang tua cara kita bicara seperti biasa dan jangan buat cara bicara seperti anak kecil..jadi dia cepat memahami dan akan ikut bicara walaupun kosakata agak kurang jelas..

Ani Handayani
Ani Handayani -

di usia emas pertumbuhan anak ,otak anak akan selalu merekam semua yang dia temui, demikian juga dengan kemampuan bicara anak,lingkungan sangat berpengaruh biarpun kosa kata anak masih sedikit,janganlah bosan mengajaknya bicara, teruslah diajak komunikasi dengan melibatkan dia seolah dia sudah bisa diajak ngobrol, atu dengan membacakan dongeng sebelum tidur itu sangat membantu,bun,karena otak anak kita punya daya ingat yang tinggi, nanti ketika anak sudah mampu bicara kosakatanya langsung banyak,bahkan sering membuat kita kaget lho bun.

ENDAH Wahyu Ningrum
ENDAH Wahyu Ningrum -

ajarkan metode gleen doman yg ada pada hadiah FF 123 agar anak bunda memperoleh kosa kta yang banyak,ajaklah terus anak bunda untuk berkomunikasi dan mintalah dia berbicara apabila ia menginginkan sesuatu.

Ika Indah Purwati
Ika Indah Purwati -

coba tiap hari dilatih mengenal huruf dengan memberikan mainan edukasi. tiap hr sebelum tidur dibacakan buku cerita yang menarik otomatis anak akan merekam kata2, sering mengajak anak diskusi tentang hal2 diseputarnya