Hai Bunda, daftar disini

Nova Astoria

Nova Astoria

Umum

tidak mau minum susu formula

anak saya 15bulan dia susah banget makan,cuma asi yg mau.susu formula pun dia tidak mau,jadi kemana-mana harus ikut.gmn cara agar dia mau minum susu formula dan gmn cara memilih susu yg baik.thanks

Komentar
4 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Mungkin 99% anak sangat suka ASI. Bukan hanya karena jaminan kesehatannya, tapi juga karena kedekatannya dengan Bunda. Dengan menyusu, anak jadi sangat dekat dengan Bunda. Anak mana sih yang maunya berjauhan dengan bundanya?

Soal memilih susu yang baik harusnya dijawab oleh nutrisionis. Susu tak harus dikonsumsi sebagai susu lho, tapi bisa juga dicampur dalam berbagai menu. Kalau bingung dengan menunya, coba deh cari buku resep untuk menu anak. Dengan begitu, Bunda tak perlu khawatir lagi kalau anak tak suka susu.

Belum bisa menyapih? Tak apa Bunda, masih 15 bulan kan. Justru perjuangan dan pengorbanan Bunda ini adalah kado termanis buat anak, yang mungkin baru dia sadari ketika dia dewasa kelak.

May Wijayanto
May Wijayanto -

Dear Ibu Zervinda,
Bahagia rasanya bisa memberikan ASi kepada anak-anak kita ya karena sebetulnya ASI is the best. Namun bila dikarenakan suatu hal misalnya Ibu harus bekerja sehingga tidak bisa memberikan ASI-nya full hingga usia anak 2 tahun, mungkin bisa memilih susu formula atau susu UHT dan sebaiknya dikonsultasikan dgn DSA dan disesuaikan dengan kebutuhan anak ya (kadang-2 anak tidak cocok dgn susu formula). Kalau menurut pengalaman saya, setelah lepas usia 12 bulan, saya mulai memperkenalkan anak saya dengan susu UHT (susu cair plain / tawar) dan baby yoghurt. Susu sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan giginya, sedangkan yoghurt baik untuk pencernaannya. Dan untuk makanannya saya lebih suka yang home-made / bikinan sendiri dan diusahakan bervariasi karena anak usia 15 bulan sudah mulai mengenal bermacam-camam rasa dan tekstur makanannya sebaiknya pelan-pelan mulai kasar hingga nantinya dapat makan seperti layaknya orang dewasa. Oia, ibu bisa coba membuatkan mie kuah (tapi jangan yg instant ya bu..) atau mie goreng (pakai butter/margarin), omelet telur bayam, macaroni rebus ditaburi keju cheddar parut, puree kentang, pancake, sayuran rebus untuk cemilan. Intinya memang harus kreatif ya supaya anak doyan makan. Usahakan juga jam makannya tidak terlalu dekat dgn jam minum susu. Selamat berusaha ya bunda, dan jangan lupa harus bersabar hingga mendapatkan hasil yang terbaik ;) Good luck...

Dwi Irawati
Dwi Irawati -

Maaf bunda zerfinda,sy lupa klo umur si kcl baru 15bln.umur sgtu msh mkn tim ya bunda.sbaikny bunda mbwt mknny sndri,gnti mnuny tiap hr,misal hr ini tim wortel ayam,esok tim byam tuna.cb brikan jg cemilan sht,misal biskuit/ptongan buah.utk susu formula blm perlu dbrikan jk brt by mckupi,teruskan sj asinya sampe 2th,yg tpenting adlh mperbaiki nafsu mknnya dlu,jng buru2 mbrikan susu formula.

Dwi Irawati
Dwi Irawati -

Itu dlu yg sy alami,bunda.sbg ibu muda kt hrs bnyk btnya,membaca,bbgi pnglaman ttg pkembangan si kcl.utk mngtasi mslh mknny sy mcba mengkreasikan mknan spy si kcl ttarik,bbgai resep&cara sy coba.misal dia tdk mau mkn nasi mk spy kbthan karbohidratny tgantikan sy mcb mnwarkan kentang kukus,ubi,roti,pkokny yg kandunganny sm.utk anak yg susah mkn coba brikan susu yg ada pnambah nafsu mknny dan mmg dkhususkan utk mslh tsbut,itu pnglaman sy lho bunda.klo dia malas mnm susu,biasany sy mencampur susu dlm mknan yg ia sukai,misalny dcampur ke jus buah,puding ato omelet.o ya,ajak dia mbeli tmpt mnumny sendiri,pilihkan yg mnrik agar dia ttarik utk mnum susu,ato beri susu dglas dan bri sdotan yg bwarnawarni dg bentuk yg lucu,pasti akan jd pnglman baru bgnya.mmg btuh usaha krs&ktlatenan.tdk ada slhnya jg bkonsultasi ke dokter anak/ahli gizi,biasany dokter mberikan bbrp masukan serta resep multivitamin.selamat brsha bunda...!