Hai Bunda, daftar disini

Azesti Nova

Azesti Nova

Umum

susu coklat untuk anak, sehatkah???

Kebanyakan anak-anak ataupun bayi akan lebih memelih atau menyukai susu coklat dibanding susu plain yang tak memiliki rasa. Yang menjadi pertanyakan sekarng, Sehatkan bila anak-anak terus mengkonsumsi susu coklat?

Susu cokelat memang lebih tinggi kandungan gula dan kalori yang tidak perlu dibandingkan susu plain. Namun semua susu, baik yang rasa atau tidak sudah dikemas dengan kandungan nutrisi. Seiring perkembangan zaman, susu cokelat rendah lemak pun sudah bermunculan.

Untuk satu cangkir susu rendah lemak mengandung sekitar 100 kalori dan 13 gram gula (dalam bentuk laktosa, gula yang ditemukan secara alami dalam susu) dan sekitar 300 miligram kalsium (sekitar 25 persen kebutuhan harian anak-anak) serta vitamin D, vitamin A, vitamin B, dan mineral seperti kalium dan fosfor.

Ukuran yang sama juga ada pada susu cokelat rendah lemak yang mengandung sekitar 160 kalori dan 25 gram gula (jumlah meningkat berasal dari tambahan gula), dengan kadar vitamin dan mineral yang sebanding.Sebuah studi dari Emory University menemukan penambahkan jumlah gula bagi 20 persen remaja dalam kalori harian. “Mereka dengan asupan gula tertinggi, rendah tingkat kolesterol “baik” HDL dan tingginya tingkat kolesterol “jahat” LDL dan trigliserida, dan berisiko tinggi terhadap penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari. Banyak asupan gula bagi remaja yang berasal dari minuman manis,” tulis sang peneliti.

Untuk susu cokelat ini, pakar gizi Joy Bauer juga tidak menyarankan anak-anak minum susu cokelat di sekolah-sekolah. Alasannya, tambahan gula memberikan tambahan kalori yang tidak perlu ketika anak-anak berjuang dengan berat badan mereka dan makanan yang tidak sehat.

Bauer mengatakan yang terbaik bagi anak-anak dengan mendorongnya untuk minum susu plain 1 persen atau susu bebas lemak saat makan siang di sekolah mereka. Jika anak Anda hanya akan minum susu dengan rasa, Bauer mengatakan hendaknya sehari satu porsi yang Anda buat menurut versi sehat Anda.

“Di rumah, orangtua dapat mengontrol jenis susu yang dituangkan dan jumlah sirup cokelat atau cokelat manis yang diaduk ke dalamnya,” katanya. Hanya campuran dua sendok teh sirup cokelat atau bubuk cokelat manis ke dalam susu bebas lemak, yang hanya menambah sekitar 7 gram tambahan gula dan 35 kalori.

Satu hal yang disepakat para ahli, anak-anak perlu mendapatkan cukup kalsium (800 miligram per hari untuk usia 4 sampai 8 tahun; 1.300 miligram per hari untuk usia 9-18 tahun, 800). Susu seringkali merupakan kontributor kalsium bagi diet anak-anak. Untuk mencapai jumlah tersebut, anak-anak membutuhkan beberapa porsi makanan yang kaya kalsium sehari, termasuk susu serta yogurt rendah lemak, keju, dan sayuran hijau berdaun seperti bayam dan brokoli. “Jika Anda khawatir tentang asupan kalsium anak Anda, tanyakan dokter anak Anda tentang mengambil suplemen”.

Komentar
0 Komentar