Hai Bunda, daftar disini

Ika Indah Purwati

Ika Indah Purwati

Umum

sopan santun anak

anak saya Valleta ( 11 bln ) kalau makan suka disemprot keluar mulut, gmn ya cara mengatasinya? dia juga suka berteriak kalau keinginannya tidak terpenuhi? gmn ya bu mengajarkan sopan santun pada anak?
terima kasih

Komentar
4 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Fungsi makan disemprot buat anak 11 bulan adalah eksplorasi mulutnya. Kalau dia mendapat kesenangan dari sana, dia akan cenderung mengulanginya. Namun kalau dia mendapat kerugian atau tak mendapatkan keuntungan apapun, kemungkinan tak akan dia ulangi. Nah, biasanya anak akan merasa senang kalau ada orang yang memberi tanggapan, misalnya tepuk tangan, atau tertawa, atau bermuka lucu, atau justru menutup mulutnya, kemungkinan besar ia akan mengulangi menyemprot. Akhirnya, saran terbaik sepertinya adalah kombinasi antara: membiarkan ketika dia sedang menyemprot, tapi sebaliknya ketika dia menelan makanannya, berikan berbagai pujian, pelukan, tepuk tangan, sorak sorai, dll. Anak kan senang mendapatkan hal-hal itu, dan dia mencarinya. Dia akan berusaha mengulangi perbuatannya, khususnya untuk menelan.

Soal berteriak, itu adalah reaksi dasar anak ketika keinginannya tak dipenuhi. Justru dari situlah dia belajar untuk menahan diri dan jadi tahu bahwa tak semua keinginan bisa dipenuhi. Kalau orangtua tak tahan dan jadi memberikan apapun yang diminta anak, anak jadi belajar bahwa untuk meminta sesuatu maka dia harus berteriak. Sebaliknya kalau anak mendapat kesan kuat bahwa untuk mendapat sesuatu dia harus bersikap sopan, dia akan belajar bersikap sopan ketika meminta. Dengan pendekatan ini, semakin besar anak akan semakin paham bahwa ia harus menahan diri. Salam manis buat Valleta ya Bunda!

Christophora Anung Anindita
Christophora Anung Anindita -

Perilaku anak biasanya meniru dari orang di sekitarnya. Maka coba bunda tunjukkan dulu sikap yang baik itu bagaimana selain itu beri pemahaman bahwa yang dia lakukan selama ini tidak baik, pemahaman yang diberikan bisa melalui dongeng, atau menggunakan handpuppet, pasti menyenangkan.
Selamat mencoba.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

sebelumnya kita sebagai ortu dulu yg berlaku sopan santun pada anak baru bisa mengajar anak utk berlaku sopan santun...sebenarnya anak usia demikian dia sedang dalam peralihan sesuka hatinya aja berbuat, jadi setiap yg rasa anda tidak betul anda bisa ngomong aja ke anak dan lebih sering anda berkomunikasi pada anak nantinya akan mengerti mana yg baik dan mana yg tidak baik

Maria Handayani
Maria Handayani -

saya juga baru belajar mendidik anak, anak saya berumur 2 tahun, namun ketika umur segitu tidak seperti itu. moms, mungkin putrinya pernah melihat anak lain seperti itu jadi ia meniru lingkungannya. caranya mungkin moms,,,makannya sebisa mungkin sambil beraktifitas seperti main boneka2an...jadi anak fokus pada satu hal...dan kita nyuapinya enak, bisa juga sambil digendong sambil jalan2 sore, nah apabila si baby mulai menyemprot makanannya kita coba beri pengertian bilang aja ga boleh seperti itu nanti nasinya nangis...hal yg kedua moms, klo dia suka berteriak2, coba kita ajarkan klo bicara dengan pelan2, memang anak segitu senang melengkingkan suaranya spy menark pengertian namun jika hal itu justru membuat kita kerepotan, bilang saja : hayo bunda ga suka kamu teriak2...nanti bunda ga belikan lho...hayo diam dulu baru bunda belikan...klo tetep nangis biarkan saja bun..mksdnya agar ada yg ditakuti oleh anak kita... karna klo tidak dia akan menggunakan hal itu sbg senjata....selamat mencoba ya moms