Hai Bunda, daftar disini

Nur Sobah

Nur Sobah

Umum

sebaiknya umur berapakah anak tidak memakai pampers?

sebaiknya anak berhenti memakai pampers sejak umur berapa ya bunda?apakah benar memakai pampers akan mempengaruhi cara berjalan anak hingga dewasa?
terima kasih

Komentar
7 Komentar
Rina Afrila Viona
Rina Afrila Viona -

usia 1 tahun anak saya sudah tidak menggunakan pampers

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

ANAKQ DARI BABY TDK PERNAH PAKAI BUN

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya nih, sejak bayi anak tak perlu dipakaikan popok sekali pakai / pospak kalau di rumah saja. Pospak hanya dipakai ketika pergi. Di rumah, pakaikan saja popok kain. Tujuannya adalah ketika anak pipis / pup, anak akan merasa tak nyaman dan segera minta diganti. Ini adalah pelajaran pertama tentang konsep sebab akibat, karena pipis jadi tak nyaman. Kalau pengasuh (Bunda, nenek atau mbak) cepat menggantikan popoknya, pelajarannya bertambah, kalau merasa tak nyaman, dia bisa minta tolong digantikan sehingga merasa nyaman kembali. Kedua pelajaran ini sangat penting untuk bisa membuat anak belajar menahan pipis dan pupnya, untuk kemudian melepasnya di tempat yang tepat, di WC. Anak yang memakai pospak tak mendapatkan kedua pelajaran ini dengan wajar, karena kesempatan belajarnya dikurangi.

Nantinya ketika dia sudah lebih siap, mulailah toilet training. Toilet training juga mencakup belajar menggunakan toilet umum ketika sedang berjalan-jalan. Diharapkan toilet training selesai di usia sekitar 3-4 tahun, sehingga usia 3-4 tahun tak perlu pakai pospak lagi ke manapun pergi.

Soal pengaruhnya terhadap cara berjalan anak, kita tunggu jawaban dari ahli kedokteran anak ya Bunda.

Diany A
Diany A -

dokter anak saya mengatakan bahwa pampers tidak mempengaruhi cara berjalan anak di kemudian hari.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

kalo bisa ajar anak untuk tidak pakai pampers lagi pada umur lebih kurang 2 thn tapi kalo bisapun sebelumnya..dan mulai di biasakan pada anak tanya kalo mau pipis mesti bilang dulu..masalah cara berjalan pada anak itu bukan dipengaruhi sebab pampers, ramai yg pakai pampers saya lihat tapi cara berjalannya sampai dewasa oke aja tuh

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

tergantung kesiapan anak dan kita dlm melakukan toilet training...
anak pertama dan kedua saya berbeda waktunya... yg kecil lebih cepat, sebelum 2th sudah lepas diapers sama sekali. kakaknya baru umur 3th bisa lepas sama sekali.
dr mulai anak saya bisa jln saya mulai latih kalo siang saya tdk pakaikan diapers, hanya waktu tdr malam saja dipakaikan diapers atau jika berpergian.

kalo diapers mempengaruhi cara berjalan saya rasa tidak ya... hanya saja kalo terlalu sering memakai diapers harus dijaga kebersihannya spy tidak ruam popok atau terkena ISK.

selamat toilet training.

Helnih Helnih
Helnih Helnih -

sampai anak sudah bisa bilang kalau mau pipis,biasanya sich sekitar umur 2,5 th.tidak juga,mungkin itu cuma mitos.