Hai Bunda, daftar disini

Syarifah Maisuri

Syarifah Maisuri

Umum

radang tenggorokan pada bayi

bayiku berusia 9 bln,,kemarin panasnya sampai 39 derajat, kata dokter SpA anakku terkena radang tenggorokan.semalam ia mulai batuk berdahak tp tidak bisa keluar dahaknya..ada nggak cara tradisional untuk penyembuhannya soallnya ia tidak mau minum obat2an dari dokter.panasnya jadi cuma dikompres saja..dan bagaimana cara mengeluarkan dahaknya...tolong bantuannya ya...makasih sebelumnya..

Komentar
4 Komentar
Syarifah Maisuri
Syarifah Maisuri -

terima kasih untuk semua bunda yang telah memberikan tips dan sarannya..semoga Allah membalas kebaikan semua bunda.doakan adek cpt sembuh ya...mau dicoba nih sarannya..sbb batuk dahakknya masih.

Heni Hendrawati
Heni Hendrawati -

dahaknya biarkan saja keluar dengan sendirinya pada saat dia batuk. Untuk radangnya coba berikan agar-agar jangan terlalu manis atau kalau mau cincau hijau.

Yulia Sri Karmila Karmila
Yulia Sri Karmila Karmila -

anakku jg sering bgt radang tenggorokan, dan untuk pengobatannya biasanya dokter memberikan antibiotik (karena selain rdng tenggorokan mgkn ada infeksi lain shngga dokter mmbrkn antibiotik) karenanya obatnya harus habis. untuk kasus anak bunda yang tdk mau makan obat mungkin agak susah jg. karena obat tradisionalpun hrs diminum dan mgkn rasanya pasti ga enak. sebenarnya radang tenggorokan tdk memerlukan antibiotik,hanya mgkn saja penyembuhannya agak lama bila tdk pakai obat. ini saya coba berikan tips untuk bunda cara mengatasi radang tenggorokan :
a. Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di
tenggorokan.
b. Untuk anak yg lebih besar, bisa diajarkan untuk kumur2 atau mengisap
lozenges.
c. Kalau panas atau kesakitan, berikan paracetamol (seperti panadol atau
tempra).
d. Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan
menghirup uap panas. Kalau anak sangat terganggu, dapat diberikan
Nasal decongestant.
dan tips untuk batuknya :
a. Minum banyak yang hangat misalnya lemon
b. Jangan ada asap rokok
c. Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas
biarkan beberapa lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air
panas mendidih, atau pasang humidifier)
d. Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi


Novita Dwi
Novita Dwi -

coba balur bawang untuk panasnya bun, lalu untuk obat tradisionalnya haluskan kunyit, kencur, jeruk nipis dan tambahkan madu, sedikit - sedikit saja. 2 sdk makan 3 x sehari, biasanya anak saya pakai ramuan itu turun panasnya dan biasanya setelah bebrapa kali diminum ia muntahkan dahaknya..