Hai Bunda, daftar disini

Nia Daniati

Nia Daniati

Umum

puting susu tidak keluar?

dear moms,

sewaktu aku melahirkan anak pertama ku, inginsekali aku menyusui langsung tapi ada masalah yaitu puting susu ku gak keluar pada hal air susu ku banjir sekali dan ketika mau nyusui anak yang udah gak sabar, aku sampai keringetan di buat nya karna puting susu ku masuk jadi nya aku pompa lalu aku masukin ke botol,
maka nya sekarang aku mau punya anak lagi masih mikir apa bisa aku nyusuin anak ku yang kedua langsung dari puting ku sendiri?
ada yang tau gak gimana cara nya supaya puting susu ku bisa keluar ?
ada yang bilang harus di operasi, bener gak ?

makasih

Komentar
5 Komentar
Vriska Tristiantika
Vriska Tristiantika -

Puting susu tidak keluar ??

Rajin-rajin bersihkan puting payudara dengan minyak kelapa sawit (orang jawa bilang klentikan) untuk merangsang puting keluar, kemudian coba terapi pijat payudara yang panduan yang terdapat pada puskesmas, bidan setempat, ato dokter kandungan anda, minta pada bidan untuk mengajarkan caranya. Hal ini juga digunakan untuk memancing keluarnya asi dengan baik. Ok

Selamat mencoba. bunda :)

Christina Widhiharsanti
Christina Widhiharsanti -

hallo bunda..kuncinya yang penting adalah jangan cepat putus asa dan harus sabar ..saran dari pakar sudah benar konsultasi laktasi di RS..kalo dulu saya blum tahu ada konsultasi laktasi spt skrg ini..jadi saya melatih diri saya sendiri dengan sering dibersihkan waktu mandi atau memakai baby oil d kapas sambil ditarik2 keluar putingnya..nyatanya anak pertama saya sampai 1,5th ga mau susu formula jadi ASI terus.. pindah ke formula dengan terpaksa karena saya hamil anak ke-2 lalu anak ke-2 karena sudah diperkenalkan susu formula oleh RS jadi ga sabar klo minum ASI sampai sekarang saya menyesal karena tdk memberikan ASI eksklusif pada anak ke-2..sampai skrg pingin rasanya wktu bs sy putar supaya saya dpt memberi ASI saya smp poll kpd 2 anak sy tp ga mungkin ya..makanya bu jgn sampai deh menyesal spt saya..jadi terus berusaha dan semangat ya..smg sukses

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya tak harus operasi kok Bunda. Tapi kalau mau tahu cara-caranya yang lebih persis, daripada Bunda langsung memberikan susu formula, sepertinya lebih baik kalau Bunda coba mendatangi Klinik Laktasi terdekat untuk berkonsultasi. Biasanya Klinik Laktasi ada di rumah sakit bersalin, atau rumah sakit besar. Nantinya konselor di sana bukan hanya menunjukkan secara kongkrit bagaimana cara mengeluarkan puting susu, tapi juga memotivasi Bunda agar bisa menyusui secara eksklusif.

ADE AYU KURNIA
ADE AYU KURNIA -

dear mom, saya pernah baca di artikel untuk merangsang puting susu supaya keluar adalah dengan mijat halus puting susu (seperti gerakan mencubit). hal ini bisa dilakukan sejak hamil, tapi setelah melahirkan pun gpp. dokter di klinik laktasi pun juga pernah kasih informasi demikian. selain itu, semakin sering bayi menghisap puting, maka puting juga akan semakin keluar. semoga membantu.

Della Pratikno
Della Pratikno -

saya jg mengalami hal yg sama. waktu msh hamil saya pernah menanyakan hal ini ke bidan. beliau menyarankan supaya puting susu sering dipijat dari dalam ke arah ujung puting secara rutin. kemudian saya jg pernah baca artikel, klo untuk mengatasi masalah spt ini bisa menggunakan alat bantu nipple shield. dng alat itu bs membantu puting keluar. tapi sayang saya tidak berhasil menyusui meski sudah mencoba cara2 tersebut karena saya terlambat menyadarinya. harusnya pemijatan dilakukan mulai hamil muda. sehingga hasilnya maksimal.