Hai Bunda, daftar disini

Della Pratikno

Della Pratikno

Umum

permainan edukasi

skr bnyk dijual permainan edukasi untuk anak usia 6 bln - 5 thn dalam bentuk VCD atau software komputer. berarti jika anak akan bermain harus menggunakan TV atau komputer sebagai media pendukung. padahal TV/komputer bs mengeluarkan radiasi. bagaimana solusinya agar anak kita tetap bs memainkannya tetapi dampak radiasi minimal?idealnya berapa lama anak boleh menonton TV?

Komentar
4 Komentar
SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

salam hangat semuanya,diskusinya menarik

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Soal ideal, menurut para dokter anak di Amerika, sebaiknya anak di bawah 2 tahun sama sekali tak menonton TV, tapi memperbanyak kesempatan bermain tanpa digendong. Anak 2-6 tahun bolehlah menonton maksimal 1 jam dan di atas usia tersebut bolehlah sekitar 2 jam. Banyak sekali efeknya, bukan hanya masalah radiasi (blue light) saja, tapi juga kurangnya kesempatan anak untuk belajar bergerak (padahal bergerak akan membuat anak mengembangkan koordinasi motorik, yang akan sangat bermanfaat untuk masa depannya kelak).

Jadi bagusnya bagaimana? Tetap minimalkan TV, computer dan layar lain, ganti dengan kegiatan bermain. Selamat mencoba!

Allodia Yuni
Allodia Yuni -

Menurut pakar atau ahli anak, ada batasan maximal anak menonton tv menurut usianya masing masing di bawah 2 tahun maximal adalah 30 menit atau setengah jam. untuk usia balita maximal adalah 2 jam.
Namun untuk kehidupan jaman sekarang batasan itu susah sekali ditaati terutama jika Ibu sia anak adalah pekerja yang segala urusan diserahkan sama 'si mbak' yang kadang si mbak ini berprinsip daripada sianak nangis maka.... daripada si anak ... maka....
Jujur.. saya sendiri sebagai murni Ibu rumah tangga tidak bisa mentaati aturan anak nonton tv maximal 2 jam per hari. solusinya saya memilihkan anak saya tontonan yang bermutu sesuai usianya yang berisi pengetahuan sekaligus hiburan mis si unyil, high five, jim jam and sunny, dolpin dan anak saya tidak saya kasih lihat tv full 2 jam. tapi saja beri jeda waktu supaya mata anak saya istrirahat dan anak saya tidak terus menerus 'tersihir' sama 'kotak ajaib' yang kadang membuat anak saya susah berinteraksi dengan sekeliling.
Kembali ke masalah permainan edukasi..
Saya memberikan anak saya laptop yang sudah di pasang soft ware untu usia anak saya tapi.. HATI HATI...anak memang pintar dan gape akan tehnologi akan tetapi ada efek buruknya. jika si anak terbiasa menekan tuts keybord maka syaraf motorik si anak akan terganggu
anak teman saya karena seringnya main lap top, dia tidak bisa menulis dengan tangan secara halus.
saya belum tahu alasan secara medisnya, namun ini menjadi pertimbangan buat saya untuk membatasi waktu anak saya menggunakan laptop.

Wafa Basyarahil
Wafa Basyarahil -

memainkannya harus dengan batasan waktu,,karena idealnya maksimal anak nonton tv perhari hanya 2 jam..