Hai Bunda, daftar disini

Tesa Handayaningrum

Tesa Handayaningrum

Umum

pemakaian diaper pada anak usia 3 tahun di malam hari

ada yang mengatakan anak diatas 3 tahun sudah tidak perlyu memakai diaper lagi kalau malam hari, karena sebelum tidur bisa mengajarkan anak untuk pipis dulu, saya sudah melakukan itu, namun tetap saja tengah malam dia ngompol bahkan bukan cuma sekali bisa dua kali sampai tiga kali, sehibngga saya tetap memakaikan diaper kepada anak saya, apakah ada cara lain lagi?

Komentar
3 Komentar
PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Namanya juga baru belajar Bunda, yah banyak gagalnya itu normal. Tapi kalau tak juga belajar, kapan bisanya? Soal ngompol, itu adalah bagian dari kegagalan belajar, dan artinya perlu lebih banyak latihan supaya nantinya bisa lebih mengontrol pengeluaran kencingnya.

Setelah ini tiap kali mendapati anak mengompol, bangunkan dia dan gantikan baju dan seprainya. Anak tentunya akan merasa tak nyaman, tapi dia jadi belajar bahwa ngompol menghasilkan sesuatu yang tak enak, dan kalau dia ngompol dia harus bertanggungjawab. Oleh karena itu, anak akan segera belajar untuk mengontrol kencingnya, dan jadi mengurangi frekuensi ngompolnya di malam hari. Tentu saja lakukan ini semua dengan tenang, tanpa harus marah-marah. Kemarahan Bunda hanya membuat anak merasa tak nyaman atau lebih tegang dan jadi lebih sulit belajar tak mengompol lagi. Justru kalau Bunda berusaha pelan-pelan sekali menggantikan bajunya agar ia tak terbangun, atau justru dibiarkan saja sampai besok pagi, ia tak belajar bahwa perilakunya menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri. Artinya kesempatan dia belajar bertanggungjawab jadi berkurang kan.

Tentu repot kalau sehari mencuci 2-3 seprei dan menjemur kasur. Cara lain adalah dengan memberikan alas plastik / alas karet di atas seprei sepanjang jangkauan tidurnya. Artinya kalau dia tidurnya berguling-guling ke seluruh penjuru tempat tidur, maka alasnya juga harus menutupi seluruh tempat tidur. Namun kalau tidurnya relatif tenang, alas hanya perlu sedikit saja. Supaya lebih nyaman, di atas alas bisa ditaruh lagi kain bedong atau seprei tipis saja. Jadi nantinya yang diganti hanya seprei tipis atau si kain bedong itu saja.

Yah memang butuh kesabaran. Tapi percaya deh, ini akan segera berhasil dalam beberapa minggu / bulan ke depan. Selamat mencoba!

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

apakah sebelum tidur minumnya banyak? pola minum susunya gimana?
sebaiknya sebelum tidur jgn minum dalam jumlah banyak..

Susanty Liem
Susanty Liem -

bu, puji tuhan anak saya umur 2,5 tahun udah lepas dari diapers. awalnya sich pernah sekali kali gompol. yang penting sebelum tidur kita ajak pipis trus waktu malam kurang minum susu apa air. tapi sampai skrg anakku klu mau pipis tengah malam bangun sendiri trus pipis sendiri kebetulan kamar tidurnya ada kamar mandi,