Hai Bunda, daftar disini

Susiyati Idris

Susiyati Idris

Umum

menghilangkan kebiasaan anak menggigit kuku

Anak saya (4,5th) punya kebiasaan menggigit kuku, berulang kali saya nasehati namun belum juga ada perubahan. Kira - kira para bunda punya tips untuk itu ? mohon bantuannya, terima kasih.

Komentar
7 Komentar
Risna Waty
Risna Waty -

nice info bunda
nice info pakar psikolog FF

SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

SALAM KENAL SEMUANYA,KOMENTRNYA BAGUS2

Dewi Anggraini
Dewi Anggraini -

wah, komplit banget nih pengalamannya. anak saya meniru kakaknya yang sering mojok sambil gigit kuku. biasanya kalau saya lagi sibuk, sehingga tidak ada yang ajak main.sekarang kakaknya sudah berhenti dari kebiasaannya, tapi adiknya belum.sudah juga diceritain tentang telur cacing, atau pas ada iklan obat cacing di TV.yang dilakukan anak saya cuci tangan pake sabun,dilap, terus gigit kuku lagi di pintu kamar mandi.hal yang terbaru saya lakukan adalah memberi plester yang diberi betadine pada satu persatu jemarinya. dan kegiatan ini sudah berlangsung selama 5 bln.kalau masuk tpa, tidak diperban, karena selalu diejek teman2, akhirnya tidak mau sekolah.bisa juga tuh dicoba diberi kuteks, tapi berbahaya tdk ya.mdh2 an bisa menghentikan kebiasaan buruknya deh.thanks semua atas infonya yang sangat membantu.

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Anak yang menggigit kuku biasanya sedang merasa tak nyaman, entah dia sedih, marah, jengkel, bosan, dll. Pertama pastinya coba dicek dulu apa yang sedang terjadi pada dia ketika sedang menggigit kuku. Cara paling cepat untuk mengatasi adalah mengalihkan tangannya (tanpa dia sadari) untuk melakukan hal lain, misalnya nih Bunda, langsung saja anak dipanggil untuk membantu Bunda memegang sayur atau mengajak main. Semakin sering dinasehati sambil diancam, dia mungkin akan merasa takut dan justru jadi merasa semakin perlu menggigit kuku. Juga kalau sering dikomentari soal gigit kukunya.

Nah, perlu dicari tahu juga apa sebetulnya yang si kecil rasakan sampai ia menggigit kuku. Tentunya ini perlu pengamatan dan sensitivitas Bunda. Tapi nggak usah terlalu khawatir, yang penting adalah membuka mata dan hati, biasanya anaklah yang akan menunjukkannya pada Bunda.

Evy Wrastarini
Evy Wrastarini -

maaf ya bu dr pengalaman saya, anak saya yg pertama 3,10th yg meninggal, 2bln terakhir slalu gi2t jari sampai kuku jari pada berdarah seperti nahan sakit, saya sedih waktu itu ko anak saya jd beda, jari ku2nya sdh saya kasih saus cabe tetep aja dia cuci dan di gi2t- gi2t lg sampai berdarah, ga taunya dia sakit yg ga bisa di ungkapkan, di situ saya nyesel bgt krn saya ga cepet tanggap ada apa dgn anak saya, pas 1 bln terakhir, anak saya mulai drop 3hr msk RS dan meninggal krn kekurangan Darah...coba deh konsultasikan ke DR spesialis Anak....kl memang kejadiannya seperti anak saya ya bu...

Fitri Budiani
Fitri Budiani -

Menggigit-gigit kuku merupakan kebiasaan yang timbul saat seseorang merasa stres, senang, bosan, atau tak ada kegiatan. Biasanya kebiasaan ini "menurun" pada anggota keluarga. Para ahli menggolongkan kebiasaan ini sebagai "perilaku cemas". Kebiasaan lain yang serupa adalah menggaruk hidung, memainkan rambut, atau menggertakkan gigi.

Kebiasaan gigit-gigit kuku sering kali dilakukan tanpa sadar hingga kukunya jadi pendek sekali, bahkan tak jarang daging di bawah kuku ikut berdarah karena tergigit. Menurut penelitian, 50 persen pemilik kebiasaan ini adalah anak-anak dan 23 persen remaja. Namun, ada juga orang dewasa yang masih menggigit-gigit kukunya.

Mungkin ini ada sedikit cara menghilangkan kebiasaan menggigit buku :
1. beri pewarna Kuku (kutek) yang berasa pait pada sikecil ...
2. beri perban atau plaster pada jari kuku si kecil
3. Beri kegiatan pada si kecil, karena kebiasaan menggigit kuku terjadi pada saat tdk ada kegiatan... cari tahu kapan saja si kecil menggigit kukunya..
4. berikan relaksasi pada si kecil.... karena ketakutan dan kecemasan pada si kecil akan membuat kebiasan si kecil muncul...

tanks

Hodija Hodija
Hodija Hodija -

Sbenarnya sesuatu biasa karena terbiasa, anak ibu usia 4,5 th masih menggigit kuku karena sudah terbiasa dari bayi, saya sering melihat anak yg dari bayi terbiasa memasukkan jari kemulut berdampak kebiasaan itu terbawa sampai besar dan ada jg gusi atas lbh kedepan, memang agak sulit utk menghilangkan kebiasaan namun bukan berarti tdk bisa, yg jelas bl anak memasukan jari kemulut ataupun menggigit kuku langsung ibu lepaskan, katakan bahwa banyak telur cacing dlm kuku sehingga menyebabkan penyakit, bila perlu dg menakutinya pd saat ada poster atau tayangan di tivi tentang penyakit atau sebagainya, ibu bisa bilang " itu akibat suka menggigit kuku, mbak", kebetulan adeknya msh kecil, ibu dapat menghilangkan kebiasaannya bila hal itu jg terjadi..