Hai Bunda, daftar disini

Risma Yanti

Risma Yanti

Umum

mengatasi mata bayi yang JULING

Bayi memang selalu memberikan hal baru untuk dikhawatirkan oleh papa dan mama-nya. Selama bulan-bulan pertama, anda mungkin akan melihat bahwa mata bayi anda tidak selalu bekerja dengan simetris sehingga mata bayi tampak juling. Ini disebut ”juling semu.” Umumnya para papa dan mama sangat mengkhawatirkan hal ini.
Bagaimana cara mengatasinya?
Pengetahuan yang perlu diketahui
Hal pertama yang perlu papa dan mama ketahui adalah beberapa bayi memang dilahirkan dengan mata tampak juling, namun seiring dengan bertumbuhnya kekuatan otot bayi, mata mereka akan menjadi normal.
Sebenarnya gerakan-gerakan mata yang tidak simetris ini menunjukkan bahwa bayi masih belajar cara menggunakan matanya dan sedang memperkuat otot-otot matanya.
Pada usia 3 bulan keatas, koordinasi matanya sudah akan membaik. Jika belum dan tampaknya mata bayi anda masih tidak simetris juga, bicarakan hal ini dengan dokter ahli mata anak untuk menghindari mata juling sesungguhnya.
Perawatan dini sangat penting mengingat begitu banyak hal yang dapat bayi pelajari dari apa yang ia lihat melalui matanya.
Pengalaman mama :
Bayi pertama saya tampak juling pada bulan-bulan awal sampai dia berusia hampir 1 tahunan, karena khawatir saya konsultasikan hal ini dengan dokter anak, dan dokter tersebut mengatakan bahwa ini adalah ”juling semu” bukan juling sesungguhnya sehingga legalah hati saya. Ternyata memang benar, setelah usia bayi saya lebih dari 1 tahun, matanya sudah terlihat simetris dan berfungsi dengan sempurna.
Cara sederhana yang dapat membantu
1. Buat bunyi yang menarik. Yang kami lakukan untuk membantu anak kami saat itu adalah membuat suara-suara yang menarik di sekitarnya, sehingga dia menoleh ke kiri dan ke kanan. Bila melihat ke kiri, kami membunyikan mainan di sebelah kanannya. Begitu seterusnya.
2. Pakai senter. Tips lain yang kami dapatkan dari dokter anak kami, adalah menggunakan lampu senter untuk menarik perhatian si kecil. Tentu bukan untuk di arahkan ke muka anak anda tapi diarahkan ke atas agar mata bayi anda mengikuti ke kiri dan ke kanan.
Dont worry be happy mom !

Komentar
0 Komentar