Hai Bunda, daftar disini

Sri Artina Sirwan

Sri Artina Sirwan

Umum

mengatasi anak yg takut

Assalamualaikum...bagaimana cara mengatasi anak yg takut untuk berjumpa dengan orang lain selain drpd orangtua nya sendiri

Komentar
9 Komentar
SUSI LOWATI
SUSI LOWATI -

trimakasih info nyaaaa

Loly Anggraini
Loly Anggraini -

thx infonya

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Pertama, mohon maaf karena baru menjawab sekarang.
Ada banyak alasan kenapa anak takut. Bisa saja ia pernah ditakut-takuti untuk bertemu dengan orang lain. Ia mungkin juga pernah punya pengalaman buruk ketika bertemu dengan orang yang bukan orangtuanya. Namun kalau ini adalah bayi, ’takut’ adalah tanda bagus, karena artinya dia sudah mengenal yang mana orangtuanya dan mana yang bukan. Karena ia merasa nyaman dengan ortunya, tentu saja ia akan merasa tenang bertemu ortu, tapi karena belum punya pengalaman dengan orang lain, yah jadi terlihat takut bertemu.

Tenang saja, tak usah terlalu dilabel anak penakut. Sebaliknya, dengan santai, sering-seringlah mengajak anak bertemu dengan orang lain, misalnya dengan teman ayah dan bunda atau dengan anak seumuran dia. Semakin sering dia bertemu, dan jika dia punya pengalaman yang menyenangkan ketika bertemu, tentu saja sikapnya akan lebih positif dan jadi lebih senang bertemu dengan orang lain. Selamat mencoba!

TRI UMAMI
TRI UMAMI -

wa'allaikumsalam.....
mirip dgn anak saya bu....mgkn sebaik nya sering2 diajak main2 diluar ..karena dgn bertemu byk orang insyaallah anak akan lebih berani untuk komunikasi ndak gak takut ..

Nanang Siswanto
Nanang Siswanto -

anak saya pernah mengalami hal yang sama, salah satu tipsnya bisa seperti didie atau saya juga menambah dengan mengajak anak nontoh DVD anak anak, seperti laskar pelangi, lagu2 daerah atau yang dinyanyikan anak2, dimana disitu ada kegiatan dan interaksi dengan teman temannya. semoga berguna

Risawaty Yuniar
Risawaty Yuniar -

sama seperti anak saya yng laki2. sama eyang masih takut. tapi saya sering ajak main dan eyangnya jg sabar ngadepin cucunya yang penakut. Sering saya ajak ke tempat bermain dan saya biarkan dia bermain dengan teman sebayanya atau lebih tua. Sering juga saya ajak komunikasi dengan teman saya bun. Alhamdulillah bun sekarang gak takut kalo ketemu org.

Juniati Sukotjo
Juniati Sukotjo -

sering sering diajak berinteraksi dengan orang lain,

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Mohon diberi info dulu, berapa usia anak.

Dina Mustikasari
Dina Mustikasari -

waalaikumsalam...
usianya brp bu?
apa anak ibu tdk pernah diajak bermain keluar rmh? atau diajak berkunjung ke rmh keluarga/teman? jln2 ke taman/mall?