Hai Bunda, daftar disini

Elis Murti

Elis Murti

Umum

mengatasi anak bicara gagap

Para Parent yang smart...

Anakku Ardyan (4 th) sering bicara gagap terutama di awal kalimat...misalnya..."ta..ta..ta..tadi mama dari mana?". Kami orang tuanya bahkan kakaknya yang 6 thpun selalu mengingatkan dia saat dia bicara gagap, tapi selalu saja itu terulang.
Adakah cara yang ampuh agar bicara gagapnya berkurang atau malah hilang sama sekali....mungkin ada parent lain yang punya pengalaman ini, saya tunggu sharringnya.

Trima kasih

Salam

Mama Nathan & Ian

Komentar
3 Komentar
Hera W
Hera W -

Bunda, mungkin anak Bunda py rasa takut terhadap sesuatu, bantulah dia untuk menagatasi rasa takut dan menjadi nyaman. Sebisa mungkin jangan sampai ia digertak/kaget sehingga menimbulkan rasa takutnya. Berikan pula rangsangan positif untuk berbicara dengan santai. Ajak ia bercerita. Dan tunjukkan sikap hangat bersahabat terhadap setiap apa yg ia sampaikan. Secarar psikologis mungkin dia blm bisa mengungkapkan dengan gamblang apa yg dia rasakan, tp kita dekati dengan hangat agar dia menjadi nyaman. Semoga bisa menjadi anak yang membanggakan ya Bunda.

Elis Murti
Elis Murti -

Bunda Liaoc (maaf kalau salah)...
Trima kasih artikelnya.
Ada tetanggaku yang bilang "disentil bibirnya kalau bicara gagap"...hehehe itu benar nggak ya?

Lia Prawita Sari
Lia Prawita Sari -

bunda saya dapet artikel tentang masalah anak gagap yah, ada tipsnya :

-Jangan menyuruh anak untuk selalu berbicara dengan tata bahasa yang benar. Biarkan anak untuk berbicara dengan nyaman dan menyenangkan.
-Manfaatkan waktu makan bersama untuk melatih kelancaran berbicara anak. Hindari hal-hal lain yang mungkin mengganggu seperti televisi atau radio.
-Jangan selalu mengkritik anak dengan ucapan seperti pelan-pelan saja atau semacamnya. Komentar semacam ini, walaupun diucapkan dengan niat baik, hanya akan membuat anak merasa semakin tertekan.
-Ijinkan anak untuk berhenti berbicara jika ia merasa tidak nyaman.
-Jangan menyuruh anak untuk mengulangi kata-katanya.
-Jangan selalu menyuruh anak untuk berhati-hati dalam berbicara.
-Ciptakan suasana yang tenang di rumah.
-Berbicaralah dengan pelan dan jelas kepada anak.
-Tataplah mata anak bila berbicara dengannya. Jangan melihat kearah lain dan jangan pula menunjukkan kekecewaan anda didepan anak.
-Biarkan anak berbicara dan mengucapkan kalimatnya sampai selesai.
-Yang paling penting adalah: seringlah berlatih! Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan selalu berbicara dengan jelas.

semoga bermanfaat bund