Hai Bunda, daftar disini

Anisa Naylatulkarimah

Anisa Naylatulkarimah

Umum

manfaat berenang pada bayi

Hampir semua orang menyukai kegiatan berenang, olahraga yang satu ini cukup digemari oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Berenang adalah kegiatan dan jenis olahraga yang luar biasa, yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia, tetapi juga cocok untuk orang yang ingin “bersantai pikiran” atau refreshing.

Pada pada saat cuaca panas, ia berfungsi sebagai pilihan berolahraga yang sangat baik, yang membantu Anda membakar kalori, sembari Anda menyegarkan tubuh Anda. Berenang memberikan Anda yang terbaik dari kedua sisi.

Di satu sisi, kegiatan ini memberikan efek kardio berfungsi dengan baik dan di sisi lain, membuka jalan bagi Anda untuk mencapai manfaat latihan kekuatan beban. Berbagai manfaat renang bagi kesehatan adalah benar-benar komprehensif, sehingga jenis olahraga ini tidak pernah sepi dari peminat.

Hal-hal yang sebaiknya harus diperhatikan saat berenang sebagai berikut :

Mandi untuk menghangatkan otot-otot kita sebelum berenang
Salah satu teori menyatakan berenang di air yang hangat memungkinkan sekali untuk bisa membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh
Sangat penting untuk minum air secara berkala ketika berenang. Karena kemungkinan tubuh kehilangan air saat berenang besar.
Satu lagi yang penting dari berenang, meskipun berenang bisa membakar lemak sd 900 ccal/jam, hal ini tidak berarti bahwa dengan berenang bisa membantu menurunkan berat badan, karena suhu tubuh di dalam tubuh manusia lebih rendah daripada suhu di dalam air, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan, kecuali berenang yang kita lakukan diimbangi dengan diet yang baik.

Berikut ini beberapa manfaat berenang pada bayi :

Berenang bisa membantu menguatkan otot-otot jantung pada bayi dan memperbaiki sistem kardiovaskular pada bayi
Berenang bisa membantu meningkatkan detak jantung dan pemberian oksigen yang lebih baik untuk bayi
Berenang dapat juga meningkatkan kapasitas paru – paru pada bayi, karena pada bayi biasanya kapasitas paru paru cenderung menurun, sehingga potensial timbulnya asthma
Secara psikologis berenang pada bayi dapat menciptakan perasaan wellness (senang) karena saat berenang otak disintesis dan endorfin diekskresikan oleh zat tha di mana zat tha ini bisa menciptakan perasaan wellness.

Komentar
3 Komentar
Sukmanih
Sukmanih -

Anakku paling suka berenang.. manfaatnya banyak ya bunda.. Terima kasih infonya..

Adheline Parerungan
Adheline Parerungan -

betul banget tuh bunda

Adila Adila
Adila Adila -

Sora Bunda, Saya mau menambahkan info nih manfaat berenang untuk bayi kita, menurut beberapa ahli mereka senang sekali bermain air. Kenapa ya?
Bayi dan anak-anak senang bermain air karena kegiatan ini mengingatkan mereka akan masa-masa di dalam kandungan. Sembilan bulan ia hidup dalam air ketuban di perut Bunda, maka dari itu ia sulit sekali diajak berhenti menyudahi mandinya. Tak perlu berteriak-teriak hingga membuatnya ketakutan, bila ia sudah cukup umur (usia 4-7 bulan), ajak saja ia berenang.

Tapi jangan kaget bila ternyata si kecil masih takut untuk masuk ke dalam kolam. Hal ini wajar saja karena volume air dalam kolam renang lebih banyak daripada volume air di bak mandinya.

Untuk perkenalan Bunda bisa melatihya dengan mengisi air bak mandi sedikit lebih penuh.

Usahakan terus sampai ia mampu melakukan gerakan berenang sendiri, karena banyak mafaatnya, seperti :
• Melatih motorik kasar
Melalui berenang ia menggerakkan semua anggota tubuhnya yang secara otomatis melatih motorik kasarnya.
• Melatih keseimbangan tubuh
Saat ia mengambang di atas air ia dituntut untuk melatih keseimbangan tubuhnya. Dengan mencoba berbagai gaya ia mulai melatih koordinasi antara gerakan tangan dan tubuhnya. Dengan berenang berbagai indera pun dirangsang.
• Membuat tidurnya berkualitas
Setelah berenang ia akan merasa lelah dan tidurnya pun akan lebih lelap dan berkualitas. Jangan lupa untuk mengisi perutnya sebelum tidur supaya ia tidak terbangun tengah malam.


TIPS :
- Jangan sekali-sekali menakutinya karena hal itu akan menyurutkan
semangatnya
- Sebaiknya kenakan pakaian renang, jangan hanya memberikan pakaian dalam


SUMBER : INFOBUNDA.COM