Hai Bunda, daftar disini

Pujix Naxizt

Pujix Naxizt

Umum

lidah bayi putih

bayiku usia 5 bulan, lidahnya agak putih, sekitar 1 bulan yg lalu, dilidah bagian dalam (tengah) itu seperti ada lingkaran yang semakin membesar, kalo diliat secara jelas permukaan lidahnya menjadi halus & berwarna merah jambu agak pucat (tidak seperti permukaan yang lainnya)
itu disebabkan karena apa ya..?
kira-kira harus bagaimana ya..?
bayiku sih gak rewel, gak apa, biasa aja..kalo mimik ASI juga sering, lama, seperti tidak ada apa2 tapi kalau saya lihat lidahnya..kasihan seperti mengelupas...
tolong bantuannya ya...terimakasih

Komentar
8 Komentar
Venty Sukmastuti
Venty Sukmastuti -

coba bunda pujix makan dan minumnya jangan yang panas2, krn anaknya kan masih asi

Pujix Naxizt
Pujix Naxizt -

kalo diberi obat tetes, kira-kira perlu resep dokter tidak ya..???

Retno Widyawati
Retno Widyawati -

JANGAN DIKASIH AIR YANG TERLALU PANAS.....kasih minyak kelapa aja bun lidahnya....

Santi Purwanti
Santi Purwanti -

siang bunda..salam kenal..
boleh sharing ya..: )
Lidah bayi berwarna putih karena adanya sisa ASI di mulut bayi, yang semakin lama semakin tebal yang bukan tidak mungkin akan menyebabkan timbulnya jamur. Kalau hal ini dibiarkan, dapat menyebabkan bayi sulit makan. Untuk mencegahnya berilah bayi minum air putih dengan sendok teh setiap habis menyusu.
Milis milis bayi yang pernah saya ikuti juga banyak yang membahas kasus ini, dan beberapa saran diantaranya adalah dengan memberikan air hangat setelah minum susu, dengan pemberian obat (tentunya atas anjuran DSA), atau dengan menggunakan kasa lembut untuk diusapkan perlahan pada kerak putih tersebut.

Indah Prasetyaningrum
Indah Prasetyaningrum -

saya peroleh informasi bahwa jamur ini bisa dihilangkan dengan obat tetes bernama “Mycostatin”. Sebenarnya di rumah sudah ada waktu dipakai untuk ngobati sepupu Nisa, tapi saya memutuskan untuk ke apotik dan menanyakan apakah ini aman untuk bayi di bawah satu bulan. Eh, ternyata di apotik dekat kantor stocknya sudah habis, malah ditawari obat lain, tidak saya beli. Ya sudah, sepulang kantor, saya mampir ke apotik Bunda, yang jadi satu komplek dengan tempat praktek dokter Sulis (SpOG yang menangani istri saya). Nah, waktu saya tanyakan kepada penjualnya, langsung ditanyai: “Bayinya umur berapa bulan Pak?”. Langsung saya jawab kalau kurang dari 1 bulan. Petugasnya langsung menyuruh saya membawa Nisa ke DSA (Dokter Spesialis Anak) dulu. Ya sudah, saya pulang saja dan tidak jadi membeli.

Pujix Naxizt
Pujix Naxizt -

blum..besok kamis rencanany, sekalian imunisasi...

Sri Purwaningsih
Sri Purwaningsih -

itu biasanya karena dia habis minum susu ..... jadi agak gumpal dilidah ... sehingga menyebabkan sariawan pada lidah sibayi ..lebih baik dibawa kedokter aja bun....

Susi Susilawati Avicenna
Susi Susilawati Avicenna -

udah diperiksa blm bun.... coba d tanya ke DSAnya biar jelas...kasian anakx...