Hai Bunda, daftar disini

Christophora Anung Anindita

Christophora Anung Anindita

Umum

kopi dan teh untuk bayi dan balita

Ada yang mengatakan bahwa pemberian kopi dan teh pada bayi dan balita dengan porsi tidak lebih dari 5 sendok teh bisa mencegah step pada anak, benarkah?

Komentar
6 Komentar
Sumiyati Andi
Sumiyati Andi -

kopi dan teh tidak baik untuk balita karena dapat menghambat penyerapan gizi makananya

Purwaningrum,SE Sukardi
Purwaningrum,SE Sukardi -

bunda ini ada artikel yang pernah saya baca berhubungan dengan teh dan kopi menurut DR. Yayah K. Husaini, SKM, MSc bahwa zaman dulu kopi kerap diberikan orang tua pada bayi, terutama kala si bayi mengalami stuip (kejang demam). walau sebenarnya secara ilmiah belum terbukti mungkin orang dulu mengasosiasikannya dengan tanda-tanda alam dan dilatarbelakangi dengan pemikirannya. Misal, karena kopi mengandung kafein, bisa membuat orang tetap dalam keadaan terjaga. Nah, akhirnya diasosiasikan, air kopi bisa mencegah anak dari stuip karena kondisinya jadi selalu terjaga tapi pemberian air kopi pada bayi kurang dianjurkan.memang ada zat kafein yang dapat merangsang pusat pernapasan pada bayi-bayi kecil (lahir dengan berat lahir rendah/di bawah 2.500 gr atau bayi lahir tak cukup bulan) yang kerap kali mengalami gangguan napas, yaitu apnea ( gangguan napas " sering lupa " ) Nah, karena pusat napasnya dirangsang, maka napasnya "tidak lupa" lagi. Gangguan napas ini disebabkan memang pusat pernapasannya belum mature/matang. "Tapi tentunya zat kafeinnya itu ada dalam bentuk obat, bukan dari kopi." Justru orang tua harus memahami, kalau stuip terjadi sebelum anak berusia 6 bulan, maka bisa jadi ada problem lain di diri anak.

Untuk mencegah stuip, "Begitu suhu tubuh anak memanas, stabilkan segera. Jika kakinya dingin, beri kaus kaki. Sedangkan bila bagian atas tubuhnya panas, beri kompres lalu segera bawa ke dokter."

* Air Teh

Air teh pekat/kental biasa diberikan orang tua bila si bayi mengalami diare karena dipercaya bisa membuat kotoran bayi jadi lebih pekat. "Sama halnya air kopi, kegunaan air teh pun belum bisa dibuktikan secara ilmiah,"

May Wijayanto
May Wijayanto -

Dear Ibu Dita,
Kalau saya pribadi sih tidak sependapat ya karena kopi dan teh kan mengandung kafein yang tentu saja tidak baik apa lagi untuk bayi yang sangat rentan terkena efek samping dibandingkan orang dewasa. Kalau bayi badannya panas hingga step sebaiknya diberikan obat penurun panas kemudian kompres dengan lap hangat (jgn dgn air es ya...;-) ) dan segera bawa ke Dokter. Semoga dpt membantu ya bu...

YULIAH MUFARRIKHAH
YULIAH MUFARRIKHAH -

perna saya baca buku tapi lupa tuch bukunya yang isinya kopi dan teh itu tidak boleh diminumkan pada bayi, sebab 6 gelas teh dan 3 cangkir kopi sama dengan menghirup roko yang akibatnya dapat merusak tulang. bunda lebih baik diberi pisang yang banyak kalium dan kalsium yang penting bagi balita.
kalau untuk step lebih baik bunda membuka baju dan menaruh dilantai yang dingin.
semoga membantu

Helnih Helnih
Helnih Helnih -

kalau orang dulu bilangnya gitu,sampai sekarangpun masih ada yang mempercayainya

Widy Ruthmiyatun Widy
Widy Ruthmiyatun Widy -

wah...pernah dengar juga sihc tapi kalau menurut saya lebih baik jangan, bayi hanya minum ASI kalau Step dikompres aja.