Hai Bunda, daftar disini

Allodia Yuni

Allodia Yuni

Umum

hati hati jika anak anda sering sakit batuk pilek

Ibu, jika anak anda mempunyai ciri seperti berikut :
1. berat badan cenderung turun
2 tiap malam selalu berkeringat sekalipun diudara dingin
3 sering sakit sakitan terutama batuk pilek
periksakan segera karena mungkin anak Ibu mengidap tb paru. walaupun menurut Dr, tb paru tidak selalu berciri spt yang saya sebutkan.
Bawa anak anda ke Dokter dan periksakan segera adapun pemeriksaanya meliputi test dahak, LED, manthoux dan rontgen.
tapi pada ank kecil tes dahak itu susah dilakukan, makanya harus test LED dan mantoux, namun jika anak tsb sedang batuk pilek bisa dipastikan hasil foto thoraxnya positif menderita tb paru..karena banyak tanda flek di paru parunya. ini karena pengaruh slem yang didada.
test mantoux hasilnya tidak dilihat dari merahnya bekas suntikan tapi lebarnya benjolan bekas suntikan.
lebar benjolan juga tidak bisa jadi ukuran pasti, karena harus melihat riwayat imuninasi bcg anak Ibu.
ga ada salahnya kan berjaga jaga? dari pada tahu2 anak Ibu positif menderita tb paru dan harus makan obat selama 6 bulan?

Komentar
7 Komentar
IDA RACHMAWATI NAJWANI
IDA RACHMAWATI NAJWANI -

bunda-bunda makasih banyak sharenya..saya jadi tau pengalaman2 bunda semua yang buat saya lebih bijak dengan anak dan sekelilingnya....

Yuni Makmur
Yuni Makmur -

sekarang si kecil lagi menunggu hsl ro parunya,tes drh AL meningkat ,LED meningkat,tinggal mantouxnya yg blm

Rukma Tri Kuncoro Ningtyas
Rukma Tri Kuncoro Ningtyas -

Anak saya memiliki ciri2 yg persis dg yg disebutkan di atas. berat badan ga naek2 cenderung menurun. tiap malam slalu berkeringat mesi udara dingin. dan tiap 2-3 minggu selalu batuk pilek. ada keturunan asma d keluarga kami. dan dokter bilang anak saya sudah terkena asma. tp tdk ada instruksi pengobatan slama 6bln itu. apakah anak saya sudah terkena tb paru? imunisasi idp apakah akan membantu? anak saya usianya 1th 7bln.

Murtiyarini Murtiyarini
Murtiyarini Murtiyarini -

Akhir-akhir ini santer dibicarakan tentang Pneumokokus yang katanya kumannya adalah bakteri Streptococus pneumoniae yang umum hidup di saluran napas kita. Awalnya anak seperti flu atau batuk pilek biasa, tapi saat kondisi drop bisa menginfeksi darah atau selaput otak dan menyebabkan meningitis. Saat ini sudah ada vaksinnya dan masuk daftar anjuran IDI, tapi belum disubsidi pemerintah & masih mahal. Pemeriksaan menyeluruh pada berbagai kemungkinan penyakit penting dilakukan jika anak sering batuk pilek.

Allodia Yuni
Allodia Yuni -

Tb baru bisa ditularkan dari orang tua ke anak atau dari anak ke anak lho para Ibu. jadi hati hati jika disekitar para Ibu ada yang menderita tb paru. protek anak Ibu lebih lagi, supaya tidak ketularan

Triwik Sri Hartatik
Triwik Sri Hartatik -

benar sekali...
waktu anak pertama saya usia hampir 1 tahun, mengalami hal tersebut diatas. Nafsu makan menurun drastis otomatis berat badan menurun, sering sekali panas & kalo pilek susah sekali sembuhnya. Waktu itu langsung sy bw ke RS Paru dan ternyata positif kena flex paru-paru. Dengan pengobatan yang rutin setiap bulan sekali periksa & selama 6 bulan tidak putus2 minum obat akhirnya sembuh.
Bagi bunda yg putra/putrinya mengalami geja tersebut, tidak perlu terlalu panik Segera bawa ke dokter paru, ikuti petunjuk dokter. Insya allah pasti sembuh.
Dan yg perlu juga kita perhatikan adalah lingkungannya, cari sumber pernyakit tersebut. Penyakit tersebut datangnya dari virus, dan pasti ada orang yang menularkannya. Usahakan selalu menjaga lingkungan yg bersih & sirkulasi udara rumah yang baik.

Tini Kuslaeni
Tini Kuslaeni -

Benar sekali.
Memang sebaiknya kita perlu khawatir jika anak mengalami tanda-tanda seperti itu.
Saya pernah mengalaminya ketika anak saya berusia 10 bulan. Setiap bulan, berat badannya selalu merosot. Bahkan hingga terlihat jalur tulang paru-parunya! Sejak awal saya sudah berinisiatif untuk membawanya ke dokter. Tapi Mbak pengasuh (+- 20 tahun lebih tua dari saya), yang selalu merasa lebih tahu masalah anak (karena saya baru menjadi ibu), selalu mengatakan "anak sebelum 1 tahun itu kalau sakit mah gak apa-apa... emang begitu... Nanti kalau sudah 1 tahun mah sehat sendiri..!"
Akhirnya saya terpengaruh juga. Namun melihat kondisi anak saya yang semakin kurus, akhirnya saya mantapkan hati saya untuk membawanya ke dokter.
Setelah diperiksa, ternyata, anak saya positive Bronchitis!!!
Saya menyesal sekali karena tidak membawanya ke dokter sejak awal...