Hai Bunda, daftar disini

Dewi Keisha Satrio

Dewi Keisha Satrio

Umum

hamil naik pesawat

all bunda....share donk...boleh ga sih hamil 6 bulan naek pesawat...???? thanks 4 share

Komentar
3 Komentar
Bimo&zafira Mom
Bimo&zafira Mom -

hamil pertama pertama dan kedua saya selalu bepergian dengan menggunakan pesawat terbang tapi sebelum terbang saya pasti disuruh oleh maskapai penerbangan diminta surat keterangan sehat oleh dokter kandungan. biasanya trimester 1 ibu hamil belum boleh naik pesawat dan kandungan bayi 7 bulan keatas sudah tidak boleh terbang lagi Bun.

Berikut tips aman bepergian menggunakan pesawat terbang:
1. Sebelum memesan tiket pesawat, konsultasikan terlebih dahulu rencana bepergian tersebut ke dokter & mintalah pendapat/pertimbangannya. Beritahukan juga daerah tujuannya & durasi waktu penerbangan. Biasanya, dokter akan memberikan/menyiapkan amaran khusus atau menyarankan untuk mempertimbangkan kembali perjalanan tersebut kalau di daerah tujuan sedang terjadi kejangkitan penyakit, atau penerbangan yang diambil termasuk penerbangan jarak jauh (long-haul flight, yang durasi terbangnya diatas enam jam), dsb.
2. Mintalah kepada dokter surat keterangan mensyaratkan boleh terbang dalam kondisi hamil; lalu siapkan beberapa copy suratnya (jaga-jaga kalau diminta oleh pihak bandara/maskapai). Bawa serta surat keterangan dokter tersebut beserta catatan medis & kartu asuransi kesehatan (kalau ada).
3. Usahakan untuk memilih tempat duduk disamping gang/aisle, untuk mempermudah mobilitas ke toilet.
4. Kenakan sepatu flatshoes yang nyaman, tetapi pilih yang sol bagian dalamnya (insole) mengikuti bentuk kontur telapak kaki agar kaki tidak cepat lelah saat harus berjalan di terminal bandara (seperti saat harus mengejar connecting flight).
5. Bawa sesedikit mungkin barang bawaan yang harus ditenteng-tangan.
6. Kenakan pakaian yang nyaman & agak longgar (terutama di sekitar garis perut), dengan sesedikit kancing atau asesoris yang bikin repot dibuka saat harus buang-air. Siapkan juga syal pashmina atau jaket untuk menghalau dingin udara kabin.
7. Bawa selalu saputangan handuk/kertas tissue, cairan antiseptic pembersih tangan & pantyliner secukupnya didalam tas tangan.

semoga membantu ya Bun :)

Sudas Mini
Sudas Mini -

Dulu saat hamil Devia saya pernah sekali naik pesawat ke Mataram tp atas seijin dokter kandungan saya tentunya. Wktu itu usia kehamilan saya baru 5 bln, n dokter ksi ijin naik pesawat sampe batas umur 6,5 bln setelah itu ga blh deh.... coba deh bun, konsultasi dl ma dokternya ya....

Lilis Puthu
Lilis Puthu -

Bunda masa kehamilan tu kan masa2 yg must dlewati dg hati2,n must djga bnr asupan gizi n ktivitasny,klo memang harus melakukan perjalanan dg naik pesawat sebaikny konsultasikan dulu dg Dokter Kandungan atau Bidanny agar dpt penjelasan n panduan yg tepat saat berada di dlm pesawat,atau mungk dg pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu bisa dketahui ap Bunda boleh melakukan perjalanan tsb atau tdk..:)