Hai Bunda, daftar disini

Wildan Fatimatuzzahrah

Wildan Fatimatuzzahrah

Umum

cara menyapih anak

untuk anak yg 2 tahun bagaimana cara menyapihnya?soalnya udah dikasih pahit2an,kayu putih, dll.anak tetep aja mengisapnya dan susah sekali untuk lepas

Komentar
5 Komentar
Sri Mulyani
Sri Mulyani -

Pengalaman saya sewaktu menyapih anak saya yang pertama saya kasih sedikit brotowali disekitar puting alhamdulilah berhasil dan anak saya tidak rewel.

Sri Artina Sirwan
Sri Artina Sirwan -

bagus jugak ya

PakarPsikologi FrisianFlag
PakarPsikologi FrisianFlag -

Sebetulnya sangat tak disarankan untuk Bunda memberikan yang pahit-pahit atau yang tak enak itu. Soalnya nih, selama 2 tahun Bunda menyusui kan sudah ada kedekatan dengan anak, kalau kemudian dinodai dengan si pahit dan tak nyaman, akan rusaklah kedekatan yang sudah terbangun itu.

Ada beberapa kali penyapihan dibahas di diskusi cerdas ini. Bunda boleh mengintipnya. Pengalaman saya sendiri, saya menyusui anak kedua sampai 2 tahun 3 bulan, tapi dari 1 tahun 10 bulan sudah mulai menyapih secara perlahan (seluruh proses penyapihan berlangsung selama 6 bulan). Caranya adalah dengan membatasi menyusu. Di bulan pertama, anak hanya boleh menyusu jika kita sedang di rumah. Jadi kalau di mobil atau di luar rumah, kita harus tegas dan menolak menyusui anak, tapi menggantinya dengan bermain bersamanya agar dia tetap merasa nyaman dan dekat. Bulan berikut kita bisa membatasi dengan hanya menyusu di waktu malam, jadi kalau sudah gelap, anak boleh minta ASI, tapi siang hari kita ganti dengan bermain bersamanya tanpa boleh menyusu. Bulan berikut bisa dibatasi dengan pewarnaan kalender, jika angka di kalender diwarnai maka dia boleh menyusui, sementara jika tidak maka tak menyusu. Salah satu keberhasilan saya menyapih sempurna adalah karena kami sudah memperhitungkan akan keluar kota, sehingga anak sudah tahu bahwa tidak mendapatkan ASI. Karena terjadi selama beberapa hari, maka anak bahkan sampai agak lupa minta ASI.

Karena disertai dengan kedekatan dan disertai juga dengan ’anak besar kan nggak minum ASI lagi, kamu kan sudah besar’, penyapihan ini berhasil dengan manis. ASI saya tak sampai memenuhi payudara dan menjadikan saya kesakitan, anak juga tetap dekat dan tak terlalu merasa terganggu. Namun memang kuncinya adalah kesabaran, pengalihan, sekaligus ketegasan. Selamat mencoba!

Wildan Fatimatuzzahrah
Wildan Fatimatuzzahrah -

Terima kasih banyak bunda atas sarannya

Siti Arwilan Hidayat
Siti Arwilan Hidayat -

Alhamdulillah bunda..., bisa di coba pakai gambir (untuk nginang), sedikit aja, dikasih air lalu di usap rata sekitar puting,tunggu sampai mengering. Ini pengalaman saya bunda tapi Alhamdulillah berhasil. Selamat mencoba...