Hai Bunda, daftar disini

Aeni Bunda Namira

Aeni Bunda Namira

Umum

cara mengajar anak agar cepat membaca

bagaimanakah cara yang baik mengajarkan anak belajar membaca dan mengenal huruf

Komentar
1 Komentar
Irta Fiddinia
Irta Fiddinia -

Mengajarkan anak membaca adalah "PR" utama Anda sebagai orang tua. Lakukan kegiatan berikut untuk ciptaan suasana belajar membaca jadi lebih seru dan menyenangkan:

Scrabble. Cari pulpen dan kertas dan tulis kata sederhana. Anda dapat memulai dari kata yang sederhana, misalnya namanya, nama orang-orang disekitarnya, atau benda favoritnya, susun bersama! Tentunya, dengan memberi peran lebih banyak padanya.
Tebak Kata. Saat berjalan-jalan dengan anak, rangsang minat anak untuk membaca baliho ataupun spanduk di pinggir jalan dengan pertanyaan seperti, “Ayo coba tebak mana huruf O di baliho itu?”. Jika Anda memiliki anak lebih dari 1, hal seperti ini juga dapat dijadikan kompetisi sehat, misalnya adu cepat menemukan 5 huruf ‘N’ di sebuah iklan di pintu lift saat menunggu pintu lift terbuka.
Googling Hal Favorit. Memanfaatkan momen pengenalan komputer sekaligus mengenalkan huruf. Ketika anak ingin melihat Barney di youtube, Anda bisa mendorong anak untuk mengetik sendiri kata ’BARNEY’, tentunya tetap dibawah pengawasan dan bimbingan Anda. Anak akan merasa lebih puas dapat menemukan video favorit mereka dengan tangan mereka sendiri, selain itu kegiatan ini dapat mempermudah anak untuk menghafal huruf saat belajar membaca dan menulis.
Dongeng. Mendongeng dapat membantu anak mengembangkan kemampuan linguistiknya, serta melatih daya imajinasinya terhadap suatu cerita.
Buat coretan di pasir. Saat bermain pasir, selain membuat istana boneka, ajak anak menuliskan nama mereka besar-besar di hamparan pasir. Anak akan senang bisa menulis di tempat yang tidak pernah mereka bayangkan.