Hai Bunda, daftar disini

Yulia Sugiharti

Yulia Sugiharti

Umum

brp lama ya bun daya tahan beras tepung??

sebentar lg jagoanku (5,5 bln) mau d perkenalkan MP ASI. rencananya sy mau bikin bubur sendiri dgn bahan dasar beras. mslhnya terkadang beras yg di tepung itu kalau kelamaan menyimpannya suka bau tengik. brp lama sie bun daya tahan beras yg di buat tepung?? trims..

Komentar
2 Komentar
Yulia Sugiharti
Yulia Sugiharti -

bunda intan: makasih ya share nya.... lengkap bgt...

Intan Stevan
Intan Stevan -

bun ini dulu juga sempat ak tanyakan k bunda2 d akun bunda2

BUNDA ADA YG PERNAH BIKIN TEPUNG BERAS SENDIRI G BUAT SI BABY?? BISA TAHAN BERAPA LAMA YA

lam kenal ya bunda...

saya emang blm pernah bikin sendiri, tapi saya pernah baca2, klo penyimpanannya baik dan steril bisa bertahan 1 sampe dua bulan!! klo saya pake tepung gasol organik aja, rasanya macem2 kok, bisa dicampur dengan sayuran ato buah2an... bukan instan tp ini dimasak dulu... klo mo cari2 info browsing aja tentang tepung gasol organik... bagus kok buat MPASI bayi... selamat mencoba yah!!

lam manis

bunda abib

lam kenal jhosia'smom
tepung beras yg da jd tepung bs thn slma 2bln.buatny stlh beras mrh digiling pe halus dijemur dulu smp kering&gk bergumpal.stlh tu smpn dikotak tertutup trs smpn dikulkas jd gk kena bakteri.smga tipsny membantu y.


saya pernah disarankan agar tepung tahan lama itu digongseng (disangrai) sebelum disimpan. kalo misal uda berubah baunya mungkin itu udah mulai kadaluarsanya bund...
IMHO

salam kenal bunda,

caranya bun..beras direndam semalaman..setelah direndam besoknya dibuang airnya, terus ditumbuk pakai alu, tapi bisa juga kok dibawa ke tempat penggilingan..setelah itu dijemur..lalu di gongseng biar tahan, dan sudah matang..setelah itu simpan diwadah tertutup, seperti tapperware..itu bisa tahan sampai 1 atau 2 bulan..
buat tepungnya jangan terlalu banyak ya bun..biar bisa dibuat yg baru lagi..kan lebih bagus, kalau disimpannya g terlalu lama..
semoga membantu

salam,

bunda ailsa

bunda ailsa, untuk berasnya baik itu akan diolah jadi tepung atau dimasak jadi nasi, lebih baik kalau ga usah direndam semalaman. cukup dicuci sekali saja buat menghilangkan gabahnya, & mencucinya juga jangan menunggu / diulang2 sampai air cuciannya jadi jernih.. . kalau menunggu sampai jernih / direndam terlalu lama, vitamin B nya yg larut dalam air nanti banyak terbuang.

mencuci beras merah juga begitu. ada yang bilang supaya setelah dimasak beras merahnya ga bau langu (bau yg seperti rumput gt hehe), berasnya harus direndam atau dicuci berulang2 sampai airnya jernih. padahal itu cara masak yg keliru. kalau airnya sudah jernih, ya vitamin B nya yg terbuang juga banyak banget... padahal kandungan vitamin B dari beras merah yg lebih tinggi dari beras putih biasa itu yg justru dicari. kalo udah hilang gt percuma khan...

sekedar sharing saja.. ^^


semoga bermanfaat...